Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Mentan: Tidak Ada Ruang Kompromi Bagi Pengimpor Nakal

Rabu 08 May 2019 12:39 WIB

Red: Nidia Zuraya

Menteri Pertanian Amran Sulaiman sedang memanen padi

Menteri Pertanian Amran Sulaiman sedang memanen padi

Foto: Humas Kementan
Hingga kini ada 782 pengimpor bawang putih masuk dalam daftar hitam Kementan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan tidak akan memberikan ruang bagi para pengusaha nakal yang mempermainkan harga. Pernyataan Mentan tersebut juga ditujukan kepada importir bawang putih yang nakal.

Baca Juga

"Jangan ada yang bermain-main karena ada Satgas Pangan. Hingga kini, sudah ada 782 pengusaha yang kami proses hukum, 56 di antaranya pengimpor bawang putih dan telah masuk dalam 'daftar hitam'," ujar Mentan Amran Sulaiman saat meresmikan operasi pasar telur ayam di Pasar Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

Mentan melanjutkan selain mempermainkan harga, ke-56 pengimpor bawang putih yang masuk dalam daftar hitam juga tidak mematuhi aturan wajib tanam dan berproduksi lima persen sesuai Peraturan Menteri Pertanian nomor 38 tahun 2018. Para pengimpor nakal itu tidak lagi diperbolehkan berbisnis di sektor pertanian.

"Kami harus tegas dan tidak akan pernah berkompromi dengan pengusaha-pengusaha yang nakal dan tidak taat aturan. Kami konsisten menerapkan kebijakan wajib tanam bagi pengimpor bawang putih sebagai upaya mencapai target swasembada," kata Mentan.

Hingga hari ke-3 bulan Ramadhan, harga bawang putih di beberapa tempat masih belum stabil. Di pasar induk Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu (8/5), harga bawang putih berada di kisaran Rp 70 ribu per kilogram. Sementara di Kota Palembang dan Kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Selasa (7/5), harga bawang putih berkisar antara Rp80.000 per kilogram–Rp90.000 per kilogram.

Selama dua pekan terakhir, harga bawang putih di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, naik dua kali lipat dari sebelumnya Rp30 ribu-Rp35 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram. Sebaliknya, harga bawang putih di Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada hari ketiga Ramadhan berangsur turun dari Rp 80 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA