Selasa 07 May 2019 13:15 WIB

DPD Gelar Rapat Kerja Bahas Evaluasi Pemilu

Rapat kerja penting agar pelaksanaan pemilu mendatang berjalan lebih baik.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda
Ketua DPD RI - Oesman Sapta Odang
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ketua DPD RI - Oesman Sapta Odang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengggelar repat evaluasi dalam rangka evaluasi pelaksananaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) dalam sambutannya mengungkapkan bahwa rapat kerja tersebut penting agar pelaksanaan pemilu yang akan datang berjalan lebih baik.

"Pada akhirnya saya berharap rapat kerja kali ini dapat menjadi ajang evaluasi secara komprehenseif bagi kita semua tanpa harus saling menyalahkan. Saya berharap hasil evaluasi ini jadi salah satu bahan masukan pelaksaan pemilu di tahun-tahun mendatang," kata OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5).

Baca Juga

OSO mengklaim pelaksanaan pemilu kali ini berjalan sukses dan lancar. Hal itu dibuktikan dengan tingginya antusiasme masyarakat yang mengikuti pemilu.

"Tahun 2014 sebelumnya kira-kira 60 persen lebih. Sekarang naik itu luar biasa dan itu diakui di dunia," ujarnya.

OSO juga mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya anggota KPPS dan anggota kepolisian dalam pemilu 2019 kali ini. Ia mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

Kemudian, ia juga mengimbau kepada seluruh pihak agar bersabar dan menahan diri hingga rekapitulasi yang dilakukan KPU selesai pada 22 Mei 2019 mendatang. Ketua umum Partai Hanura itu juga mengajak semua pihak untuk menghormati instrumen hukum dan konstitusi yang berlaku.

"Dan mengharapkan pemerintah dan lainnya mengambil pelajaran berharga dari pelaksanaan pileg dan pilpres 2019," ujarnya.

Sejumlah pihak yang hadir dalam rapat kerja tersebut diantaranya Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sementara pimpinan DPD yang hadir yaitu Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Ketua Komite I DPD Benny Rhamdani, dan Wakil Ketua Komite I DPD Fahira Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement