Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Ketua DPR Beri Dua Catatan Soal Pemindahan Ibu Kota

Senin 06 May 2019 21:37 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Bambang Susatyo

Bambang Susatyo

Foto: Republika/Wihdan
Pematangan kajian dan pembiayaan pembangunan kota baru menjadi catatan Ketua DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Bambang Soesatyo memberi sejumlah catatan terkait rencana pemerintah memindahkan ibu kota pemerintahan dari DKI Jakarta ke kota yang baru. Dua catatan yang diberikan Bambang adalah pematangan kajian dan pembiayaan pembangunan kota baru nantinya.

DPR, ujar Bambang, pada prinsipnya mendukung rencana pemindahan ibu kota sepanjang sudah ada kajian matang oleh pemerintah. Bambang menilai memindahkan ibu kota pemerintahan merupakan perkara tak sederhana, apalagi prosesnya akan memakan proses bertahun-tahun.

"Saya yakin apa yang disampaikan Presiden bahwa ini sudah masuk pengkajian. Tinggal pelaksanaannya harus betul hati-hati, karena ini pemindahan ibu kota satu hal yang tidak mudah," kata Bambang usai menghadiri buka puasa bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (6/5).

Baca Juga

Catatan kedua soal pembiayaan, Bambang mengingatkan agar proses pemindahan ibu kota tidak bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurutnya, pemerintah bisa menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut menyuntikkan pembiayaan nanti.

"Ya kita lihat sejauh mana konsep yang sudah dibuat Bappenas dan disingkronkan dengan Kementerian Keuangan, nanti kita bahas lagi di DPR," katanya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA