Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Talkshow Ramadhan BEI, Baznas Juga Buka Gerai Zakat

Senin 06 May 2019 20:25 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda

Talkshow Ramadhan bertema 'Bangkit Pasar Modal Syariah Melalui  Zakat dan Donasi Saham' yang digelar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta  Selatan, Senin (6/5).

Talkshow Ramadhan bertema 'Bangkit Pasar Modal Syariah Melalui Zakat dan Donasi Saham' yang digelar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan, Senin (6/5).

Foto: Dok Baznas
Gerai zakat untuk memudahkan pelaku pasar modal menunaikan kewajiban membayar zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama Ramadhan 1440 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka gerai zakat di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan. Gerai zakat Baznas ini bertujuan memberikan kemudahan bagi pelaku pasar modal untuk menunaikan kewajibannya.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, mengatakan gerai zakat saham di BEI ini dibuka selama Ramadhan satu bulan penuh, untuk mempermudah masyarakat di area BEI menunaikan zakat dan sedekah.

“Selama Ramadhan masyarakat yang ingin berbuat baik dan beribadah meningkat, Baznas juga meningkatkan pelayanannya dan memberikan kemudahan dengan membuka gerai-gerai zakat di tempat keramaian, termasuk Gerai Zakat Saham di Bursa Efek Indonesia,” kata dia di Jakarta, Senin (6/5).

Di awal Ramadhan ini, ia mengatakan, Baznas juga bekerja sama dengan PT Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas) menyelenggarakan Talkshow Ramadhan dengan tema 'Bangkit Pasar Modal Syariah Melalui Zakat dan Donasi Saham' di BEI, Jakarta Selatan, Senin (6/5).

“Materi yang disampaikan kepada peserta dalam talkshow yang diselenggarakan oleh Baznas dan HP Sekuritas tersebut di antaranya tentang Perkembangan Pasar Modal Syariah, Optimisme Pasar Modal Syariah, Landasan Fiqih Zakat, Perhitungan Zakat dalam, Fitur Zakat Saham, dan Data Perkembangan Shadaqah serta Zakat Saham,” papar Arifin.

Talkshow ini dihadiri juga oleh pembicara Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI, Irwan Abdalloh, Direktur HP Sekuritas, Mohammad Yunus, dan Wakil Kepala Bidang Publikasi dan Jaringan Pusat Kajian Strategis (Puskas) Baznas, Muhammad Hasbi Zaenal.

Sejak November 2017, HP Sekuritas juga telah bekerja sama dengan Baznas dan mengembangkan program Sedekah dan Zakat Saham (Sazadah), untuk memberikan kemudahan layanan berzakat dan sedekah bagi para muzaki atau donatur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai investor saham.

Direktur HP Sekuritas, Mohammad Yunus, mengatakan dana zakat dan sedekah yang terkumpul dari program Sazadah ini, disalurkan melalui Baznas kepada para penerima zakat melalui program-program pemberdayaan ekonomi.

“Produk Sedekah dan Zakat Saham PT Henan Putihrai Sekuritas, merupakan contoh kontribusi nyata dalam mewujudkan Socially Responsible Investing (SRI) di Pasar Modal Syariah Indonesia, yang sedang digaungkan oleh BEI dan OJK saat ini,” tutur Yunus dalam Talkshow Ramadhan tersebut.

HP Sekuritas terbukti selalu konsisten dan berkomitmen kuat sebagai penyedia jasa keuangan handal sejak 1990. Berbagai penghargaan inovasi teknologi dan Predikat Sekuritas Terbaik 2017 (kategori Aset Rp 100-250 milliar) versi Majalah Investor telah diraih. Kantor Perwakilan HP Sekuritas terdapat di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA