Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Peradaban Islam Hormati Semua Jenis Pekerjaan

Senin 06 May 2019 22:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilmuwan Muslim.

Ilmuwan Muslim.

Foto: Metaexistence.org
Sejarawan Muslim al-Zuhri juga mengisahkan kehebatan para pekerja dan perajin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seorang geografer Muslim legendaris, al-Muqqadasi dalam catatan perjalanannya menguraikan keutamaan Bilad al-Syam (bagian selatan Suriah Besar). 

Menurut Al-Muqqadasi, kota itu memiliki tambang marmer, bahan semua jenis obat-obatan, satrawan, dan penulis, ahli kriya dan fisikawan. Ia lalu mencoba membandingkan Kota Damietta dan Tinnis di Mesir. ''Kota Damietta mempunyai ahli kriya yang jauh lebih cakap dibanding Tinnis,'' papar al-Muqqadasi. 

Kecakapan para perajin di kota al-Mawsul juga dipaparkan sejarawan Muslim al-Qazwini. Menurut dia, penduduk al-Mawsul begitu ramah, gagah, dan tekun sekali dalam membuat kerajinan tangan. Al-Qawzini pun memaparkan fenomena serupa di Kota Isfahan, Persia. 

Baca Juga

Para perajin di sana mampu mengungguli kota-kota lainnya dalam setiap jenis pekerjaan tangan, tuturnya. Ia juga mengisahkan keahlian masyarakat di Kota Jurjaniyyah. ''Masyarakatnya membuat kerajinan yang apik dan cermat seperti halnya seorang pandai besi atau tukang kayu dan mereka amat teliti dalam pekerjaannya,'' papar al-Qawzini.

Sejarawan Muslim al-Zuhri juga mengisahkan kehebatan para pekerja dan perajin di Andalusia dan Almeria. ''Semua penduduknya, baik pria maupun wanita adalah perajin-perajin yang bekerja dengan tangan mereka.'' Begitulah, potret dan aktivitas para buruh dan tukang di era keemasan Islam. 

Seperti diuraikan di atas, peradaban Islam sangat menghormati dan menghargai semua jenis pekerjaan, usaha, dan pertukangan. Hasil kajian al-Hassan dan Hill juga menunjukkan bahwa serikat buruh atau pekerja telah muncul di era peradaban Islam. n

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA