Aplikasi Kesan Ingatkan Ibadah Wajib dan Sunah

Red: Satria K Yudha

 Sabtu 04 May 2019 16:22 WIB

Peluncuran aplikasi Kesan di Jakarta, Jumat (3/5). Foto: Istimewa Peluncuran aplikasi Kesan di Jakarta, Jumat (3/5).

Terdapat fitur hadis harian hingga kitab kuning.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Aplikasi digital dengan konten Islami terus bermunculan. Menjelang bulan Ramadhan, PT Kesan Digital Nusantara meluncurkan  aplikasi bernama Kesan (Kedaulatan Santri) pada Jumat (3/5) untuk membantu para santri dan umat Muslim dalam meningkatkan amalan ibadah.

Founder Kesan Hamdan Hamedan mengatakan, latar belakang ia bersama rekan-rekannya menciptakan aplikasi tersebut karena belum ada aplikasi serupa.

"Saya belum mendapati aplikasi yang benar-benar komprehensif yang mengingatkan kedisiplinan bagi santri dan masyarakat Muslim dalam beribadah," katanya melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (4/5).

Hamdan mengatakan, aplikasi Kesan tak hanya memberikan notifikasi kepada para pengguna dalam menjalankan shalat lima waktu, tetapi juga shalat dhuha, tahajud, hingga puasa Senin-Kamis.

Adapun fitur-fitur yang ditawarkan Kesan antara lain hadis harian setiap pagi, doa dan shalawat, kalender hijriyah, arah kiblat, haji dan umrah, kitab kuning, hingga live streaming pengajian.
Selama bulan Ramadhan, kata dia, akan dimunculkan hadis harian yang berkaitan dengan Ramadhan.

Aplikasi Kesan sudah bisa diunduh di Google Play bagi para pengguna ponsel berbasis Android. Bisa juga diunduh melalui lama www.kesan.id

Aplikasi Kesan mendapat sambutan positif dari berbagai pengasuh pesantren di berbagai daerah.
Salah satunya dari pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijroh, Buntet, Cirebon, KH Nemi Mutashim Billah. Ia mengapresiasi kelengkapan aplikasi ini.

"Saya memuji kelengkapan dan fungsi aplikasi Kesan. Kesan akan bermanfaat bagi keseharian santri, umat Islam, bahkan kiai," ujarnya.

 

.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X