Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

BI Proyeksikan Kurs Rupiah Menguat di Kuartal III 2019

Jumat 03 Mei 2019 20:42 WIB

Red: Nur Aini

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dollar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dollar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Kurs rupiah menguat dipengaruhi oleh pola musiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada kuartal III-2019 cenderung mengalami penguatan.

"Di kuartal tiga maupun selanjutnya, nilai tukar akan stabil cenderung menguat," kata Perry di Jakarta, Jumat (3/5).

Baca Juga

Perry mengatakan saat ini pergerakan nilai tukar rupiah saat ini masih dipengaruhi pola musiman karena tingginya permintaan dolar AS untuk deviden pembayaran di kuartal II-2019.

Selain itu, masih terdapat adanya sentimen risk off dari kemungkinan terjadinya perlambatan ekonomi serta pergerakan Peso Argentina dan Lira Turki yang memicu penguatan dolar AS. Meski demikian, ia memastikan Bank Indonesia akan terus melakukan stabilisasi agar nilai tukar rupiah tetap terjaga sesuai fundamental.

Sebelumnya, pergerakan nilai tukar rupiah dalam beberapa minggu terakhir cenderung mengalami perlemahan hingga pada posisi saat ini kisaran Rp 14.200-an per dolar AS.

Sementara itu, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan terkoreksi seiring semakin kecilnya peluang suku bunga bank sentral AS The Fed atau Fed Fund Rate turun. Rupiah melemah 14 poin atau 0,1 persen menjadi Rp 14.266 per dolar AS dari sebelumnya Rp 14.252 per dolar AS.

"Ekspektasi bahwa The Federal Reserve selaku bank sentral AS akan memangkas tingkat suku bunga acuan pada tahun ini menjadi semakin memudar," kata Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat.

The Fed telah memberi sinyal kuat bahwa pemangkasan suku bunga acuan tidak akan dilakukan tahun ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA