Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

 

Marhaban ya Ramadhan

Sabtu 04 May 2019 04:04 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Ramadhan

Ilustrasi Ramadhan

Foto: Pixabay
Selamat datang bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan rahmat dan kasih sayang-Nya.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: KH Didin Hafidhudin


Marhaban ya ramadhan . Selamat datang bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan rahmat dan kasih sayang-Nya. Bulan yang penuh dengan ampunan dan ridha-Nya. Bulan yang Allah SWT mewajibkan berpuasa bagi setiap orang yang beriman untuk meningkatkan kualitas ketakwaannya.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 183, "Hai orangorang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa, sebagai mana telah diwajibkan atas orangorang sebelum kamu sekalian agar kamu sekalian menjadi orang-orang yang bertakwa."

Takwa adalah puncak kemuliaan seseorang. Tidak ada manusia yang paling mulia dalam pandangan Allah selain dari orang yang bertakwa. Firman-Nya dalam surah al-Hujurat ayat 13, "Hai sekalian manusia, sungguh Kami telah menciptakan kamu sekalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsabangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui dan Mahateliti."

Apabila ketakwaan itu menjadi karakter, watak, dan sifat suatu bangsa secara masif dan kolektif, akan mengundang turunnya keberkahan dari langit dan munculnya keberkahan dari bumi.

Perhatikan firman-Nya surah al- A'raaf ayat 96, "Dan sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan keberkahan dari langit dan bumi. Tetapi, ternyata mereka mendustakan ( ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan."

Pada bulan Ramadhan pula Allah SWT menurunkan Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia, terutama bagi orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang hidupnya ingin meraih kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki, baik di dunia ini maupun di akhirat nanti. (QS al-Baqarah ayat 185).

Karena itu, Ramadhan sering disebut Syahrul Quran (Bulan Alquran). Sejatinya, orang-orang yang berpuasa harus lebih dekat dan lebih akrab bermuamalah bersama Alquran, dengan cara membacanya, memahami, dan menadaburinya serta menangkap isi dan pesannya untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Dengan demikian, Alquran akan menjadi pedoman dan kurikulum bagi kehidupan umat Islam.

Selama Ramadhan, orang-orang yang berpuasa dilatih dan dididik mengendalikan diri dari ucapan, perbuatan, dan tindakan yang tidak ada manfaatnya sehingga seluruh waktunya dipergunakan untuk mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah SWT dan memberikan kemanfaatan yang optimal kepada sesama manusia, terlebih lagi bagi sesama anak bangsa.

Oleh karena itu, mari kita masuki bulan Ramadhan 1440 H ini dengan penuh sukacita, dengan hati yang bersih, dan pikiran yang jernih karena ingin meraih kemuliaan dan keberkahan dari Allah SWT. Selamat menunaikan ibadah shaum. Semoga rahmat, karunia, dan ampunan Allah tercurah kepada kita semua. Wallahu 'alam bishawab.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA