Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

 

5 Minuman Pemulih Energi Setelah Berpuasa

Jumat 03 May 2019 09:45 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Indira Rezkisari

Milkshake banana, menyegarkan dan kaya gizi untuk minuman berbuka puasa.

Milkshake banana, menyegarkan dan kaya gizi untuk minuman berbuka puasa.

Foto: Pexels
Minuman sehat dari bahan alami bisa memberi energi setelah seharian berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hitungan jari, seluruh umat Islam di dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Selama sebulan penuh, muslim akan berpuasa dan hanya diperbolehkan makan pada waktu sahur dan setelah matahari terbenam atau berbuka.

Untuk menjaga kesehatannya muslim dianjurkan agar tidak mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa. Selain itu, umat Islam juga harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman.

Dilansir dari laman Thealth, terdapat lima macam minuman sehat yang menyegarkan dan memberi energi bagi tubuh yang berpuasa. Minuman ini bisa ditenggak saat berbuka atau sedari sahur.

Jus Aprikot
Aprikot merupakan salah buah yang kaya serat dan vitamin A. Mengonsumsi jus aprikot juga dapat memfasilitasi penyerapan nutrisi.

Meskipun buah Aprikot tidak tumbuh di Indonesia, Anda dapat menemukannya di mini market dan pasar modern. Konsumsi minuman jus aprikot bisa menyehatkan pencernaan.

Susu & Kurma
Minuman sehat untuk buka puasa yang tepat berikutnya adalah susu dan kurma. Terdapat cara untuk mengolah kurma agar memperoleh kasiat yang baik bagi tubuh.

Rendam beberapa kurma kering dalam segelas susu selama 12 jam, kemudian ambil kurma untuk berbuka puasa. Kurma itu berkasiat menurunkan gula darah dan memberikan energi sepanjang hari.

Milkshake Pisang
Pisang merupakan salah satu makanan sehat dengan segudang nutrisi di dalamnya. Pisang kaya akan kalium, serat makanan, vitamin B6, vitamin C dan juga rendah kolesterol.

Cara membuat milkshake pisang terbilang cukup mudah. Ambil 1-2 pisang, lalu blender dengan secangkir susu. Minum segelas milkshake itu pada waktu berbuka puasa agar tubuh kembali berenergi.

Lemonade Mint
Lemonade mint merupakan minuman sehat yang tepat bagi untuk berbuka puasa. Minuman yang terbuat dari racikan lemon dan mint itu memiliki serat yang melimpah sehingga dapat memulihkan energi selama menjalankan ibadah puasa.

Cara membuatnya yakni, ambil segelas air, segenggam daun mint, dan lemon. Masukkan bahan-bahan itu ke dalam blender dan peras buah lemon ke dalamnya. Minuman berenergi telah siap menemani waktu berbuka puasa.

Air
Setelah menjalankan ibadah puasa dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman tubuh mengalami dehidrasi. Karena itu, air mineral sangat dibutuhkan untuk memulihkan tubuh.

Setidaknya, tubuh membutuhkan segelas air putih pada waktu berbuka. Air mineral dapat memperbaiki komponen-komponen tubuh agar kembali berfungsi dengan baik.



Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA