Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Rumah Zakat Action Sigap Respons Bencana Bengkulu

Rabu 01 May 2019 17:18 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Rumah Zakat Action menurunkan relawan untuk membantu korban banjir di Bengkulu.

Rumah Zakat Action menurunkan relawan untuk membantu korban banjir di Bengkulu.

Foto: rumah zakat
Rumah Zakat sudah mulai mendistribusikan bantuan sejak Senin (29/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Rumah Zakat Action sigap merespons bencana di Bengkulu. Hujan deras yang melanda Bengkulu sejak Jumat (26/4) siang hingga malam mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan mengakibatkan banjir serta longsor di sejumlah titik.

Sejumlah jalur transportasi terputus baik antar-kabupaten maupun antar-provinsi untuk menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu dengan Lampung.

Banjir ini melanda sekitar 10 kabupaten/kota yg tersebar di Provinsi Bengkulu. Hingga saat ini Banjir masih Merendam Beberapa daerah dan masyarakat banyak yang mengungsi.Sejumlah jalur transportasi terputus baik antar-kabupaten maupun antar-provinsi untuk menghubungkan Bengkulu dengan Sumatra Selatan dan Bengkulu dengan Lampung.

photo
Rumah Zakat Action menurunkan relawan untuk membantu korban banjir di Bengkulu.

Menurut Randi Sandedes, fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Sejak hari pertama, Rumah Zakat telah turun ke lokasi bencana untuk melakukan assesment dan mendistribusikan bantuan. Senin (29/4) bantuan berupa Kornet SuperquKULUrban, 200 bungkus nasi, Logistik berupa beras, makanan tambahan, minyak goreng, Air mineral, makanan ringan, Pampers, serta pakaian layak pakai untuk warga terdampak

Tak hanya itu, Rumah Zakat juga telah mendirikan Pos Utama di Jl. Irian RT 04 kelurahan Tanjung Jaya Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu, layanan Pos Segar dan Pos Hangat untuk masyarakatpun sudah dibuka sejak kemarin.

"Pos Segar Rumah Zakat yang berada di posko pengungsian Tanjug Jaya Menyediakan minuman dingin, kopi, teh, makanan tambahan, air hangat, air mineral untuk pengungsi dan Relawan. Serta melakukan pelayanan kesehatan yang berkolaborasi dengan PMI," ucap Randi.

Kondisi saat ini tim relawan masih berada dilokasi dan akan terus melakukan aksi hingga kondisi kembali normal. Randi menyampaikan saat ini yang masih dibutuhkan seperti makanan siap saji, selimut, obat-obatan, air bersih dan pakaian dalam.

“Hari ini kita masih melakukan pendistribusian bantuan, sebagian bantuan Dari Rumah Zakat dan sebagian dari donatur yg di kordinir oleh Relawan. Lokasi penyaluran yaitu Lokasi masih di kelurahan tanjung agung dan sekitar Kota Bengkulu," ujar Randi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA