Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Priangan Timur Miliki Unit Katerisasi Jantung Sendiri

Rabu 01 May 2019 09:34 WIB

Rep: Bayu Adji P./ Red: Christiyaningsih

Penyakit jantung/ilustrasi

Penyakit jantung/ilustrasi

Foto: Wikipedia
Masyarakat Tasik dan Priangan Timur tak perlu lagi pergi jauh pasang ring jantung

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Rumah Sakit (RS) Tasik Medika Citratama (TMC) menyediakan fasilitas unit katerisasi jantung dan pembuluh darah. Dengan begitu, saat ini masyarakat di Kota Tasikmalaya dan Priangan Timur tak perlu lagi pergi ke Bandung atau Jakarta untuk memasang ring di jantung.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan kehadiran unit baru di rumah sakit yang berlokasi di Jalan HZ Mustofa itu diharapakan bisa membantu meningkatkan pelayanan di Kota Tasikmalaya. "Penyakit jantung kita ketahui merupakan penyakit yang merenggut nyawa yang cukup tinggi," kata dia belum lama ini.

Dengan adanya unit baru untuk jantung di rumah sakit wilayahnya, Budi berharap Kota Tasik bukan hanya dijadikan rujukan di Priangan Timur. Ia berharap Tasik juga menjadi pilihan di Jawa Barat. Akan tetapi ia mengingatkan pihak rumah sakit juga harus melakukan pelayanan secara maksimal.

Direktur Utama RS TMC Lanny Maryati mengakui pelayanan jantung di Kota Tasik memang cukup tinggi. Ia menyebut dalam satu tahun layanan jantung di rumah sakitnya menempati posisi keempat. Rumah sakit tersebut bisa melayani 74 ribu hingga 78 ribu pasien jantung dalam satu tahun. "Kebutuhannya memang tinggi," kata dia.

Dengan adanya unit katerisasi jantung, ia berharap masyarakat di Priangan Timur bisa menjadikan Kota Tasik sebagai rujukan. Tetapi perlu diketahui layanan itu belum difasilitasi BPJS Kesehatan.

Lanny pun mengakui ketersediaan tenaga medis masih terbatas di rumah sakitnya. Karena itu, untuk sementara pihaknya masih bekerja sama dengan RSHS Bandung untuk tenaga medis. "Tenaga medis yang siap saat ini masih support dari RSHS Bandung satu orang dokter dan akan ditambah dari Banjar dalam waktu dekat," kata dia.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA