Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Longsor Ancam Dua Rumah Warga di Lembursitu Sukabumi

Selasa 30 Apr 2019 15:35 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

 Ilustrasi tanah longsor.

Ilustrasi tanah longsor.

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Dua kepala keluarga terpaksa diungsikan ke tempat lain yang aman.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor mengancam dua unit rumah warga di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Selasa (30/4). Dampaknya sebanyak dua kepala keluarga (KK) terpaksa diungsikan ke tempat lain yang aman.

Baca Juga

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, longsor tersebut menerjang tebing yang ada di belakang permukiman warga di Kampung Warung Kelapa RT 01 RW 01 Kelurahan/Kecamatan Lembursitu. "Tebing di pinggiran Sungai Cipelang Gede longsor pada Selasa pagi sekitar pukul 03.00 WIB," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Selasa. Kejadian ini mengancam dua unit rumah milik Ajat (51) dan Ahmad (60).

Panjang longsoran mencpai 20 meter dengan tinggi 15 meter. Pada Selasa siang kata dia masih terjadi adanya longsoran material yang berjatuhan.

Saat ini kata Zulkarnain, BPBD telah mengarahkan agar dilakukan evakuasi terhadap dua KK tersebut ke rumah saudara. Selain itu agar memasang police line untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di samping itu lanjut Zulkarnain sedang dilakukan upaya musyawarah di lapangan dengan pihak kelurahan dan Babinsa Polsek Lembursitu. Upaya ini dalam rangka cepat tanggap penanganan bencana. Zulkarnain menuturkan, bencana ini terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan. Sehingga ke depan warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana susulan. Terlebih potensi hujan masih mungkin terjadi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA