Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Tips Berkerudung Bagi Teman Tuli

Ahad 28 Apr 2019 13:06 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Teman tuli sebaiknya memilih bahan voal untuk kerudung dan tidak memilih model jilbab yang membekap telinga agar alat bantu dengar tak bergesekan dengan bahan kerudung.

Teman tuli sebaiknya memilih bahan voal untuk kerudung dan tidak memilih model jilbab yang membekap telinga agar alat bantu dengar tak bergesekan dengan bahan kerudung.

Foto: Rakhmawati La'lang/Republika
Teman tuli harus memilih bahan kerudung dan gaya berkerudung yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih kerudung berikut dalamannya memang susah-susah gampang. Salah pilih bahan bukan saja akan membuat gerah, tetapi juga bisa membatasi pendengaran.

Bagi Muslimah yang menggunakan alat bantu dengar, memilih kerudung pun tidak bisa sembarangan. Kalau salah salah pilih, itu malah akan menyulitkannya untuk beraktivitas.

"Ada yang bilang pilih bahan yang nggak bikin budek, lah aku kan memang nggak bisa denger," ujar teman tuli yang aktif berkegiatan Angkie Yudistia.

Angkie menjelaskan, pemilihan bahan sangat penting untuk teman tuli yang memakai alat bantu dengar seperti dirinya. Akan sangat tidak nyaman ketika bahan kerudung bergesekkan dengan alat bantu dengar.

Ketika bergesekan dengan kerudung, alat bantu dengar ini akan membuat suara yang mengganggu. Penulis buku Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas itu merekomendasikan voal yang bahannya ringan, mudah diatur, dan tidak panas saat digunakan.

Di samping pemilihan bahan, pemenang penghargaan Social Enterpreneur of The Year untuk kategori Community Development tahun 2014 ini mengingatkan pemilihan gaya berkerudung pun bisa memengaruhi kualitas pendengaran. Teman tuli bisa menggunakan jilbab dengan model apapun yang tidak terlalu ketat.

"(Kalau terlalu ketat) jadi kedap banget dan karena alat bantu dengar tertekan, suara gesekan dengan hijab masuk pendengaran," kata Angkie.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA