Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

TPS di Surabaya Sediakan Bubur dan Rujak Gratis Saat PSU

Sabtu 27 Apr 2019 13:00 WIB

Red: Christiyaningsih

Pemilih memasukkan surat suara pilpres saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05 Dauh Puri, Denpasar, Bali, Kamis (25/4/2019).

Pemilih memasukkan surat suara pilpres saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05 Dauh Puri, Denpasar, Bali, Kamis (25/4/2019).

Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu TPS di Surabaya sediakan bubur gratis

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Warga yang mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Surabaya mendapatkan makanan gratis. Warga yang mengikuti PSU pada Sabtu (27/4) di TPS 28 RW IV Rungkut Menanggal Surabaya mendapatkan bubur, cendol, atau rujak.

"Ya senang dapat makanan gratis seperti ini," kata salah seorang warga bernama Sriati usai mencoblos. Menurut Sriati, bubur dan rujak yang disediakan ini menarik perhatian warga untuk mencoblos di TPS 28.

Selain itu, dengan disediakan makanan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 28 tidak ada yang kelaparan. Apalagi, saat ini banyak petugas KPPS yang meninggal karena kelelahan saat bertugas. "Bisa juga mereka (petugas KPPS) karena kelaparan. Saya kira ini bagus," ujarnya.

Hal sama juga dikatakan warga lainnya, Muji Utami. Ia mengaku senang dengan disediakannya makanan usai mencoblos. "Ini kebetulan saya telat jadi nggak kebagian rujak," katanya.

Anggota PPS Gunung Anyar Siti Fatimah mengatakan makanan gratis tersebut merupakan gotong rotong dari PPK, PPS, dan panwas setempat. Ada beberapa makanan yang disediakan panitia yaitu nasi bungkus, bubur, cendol, rujak, dan makanan lainnya. "Ini untuk meramaikan pelaksanaan PSU di TPS 28," ujarnya.

Ketua Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunung Anyar, Kusnan, mengatakan pihaknya berharap warga bisa menggunakan hak pilihnya kembali dalam PSU kali ini. "Pelaksanaan sudah siap semua di TPS sini," katanya.

Kusnan mengatakan adanya PSU di TPS 28 Gunung Anyar dikarenakan pada saat pemilu lalu adanya enam pemilih yang tidak berhak memilih di TPS 28. Mereka menggunakan KTP luar kota Surabaya tanpa menggunakan surat A5.

Untuk meningkatkan partisipasi warga, pihaknya menyediakan hiburan berupa musik organ tunggal dan makanan gratis. "Untuk musiknya kami hentikan dulu karena masih proses pemungutan suara ulang," katanya.

Adapun di TPS 28 Kecamatan Gunung Anyar, Kelurahan Rungkut Menanggal, yang diulang pemilihan yakni terkait Pilpres, DPRI, DPD, dan DPRD Provinsi. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 28 sebanyak 296 orang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA