Senin 22 Apr 2019 11:53 WIB

UNBK dan UNKP Papua Ditunda Selasa

UNBK di Papua, Papua Barat, dan NTT digelar sejak Selasa sampai Jumat.

Peserta ujian mengerjakan soal saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Peserta ujian mengerjakan soal saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP) tingkat SMP/MTs di Papua ditunda hingga Selasa (23/4). Pelaksanaan UN digelar hingga Jumat (26/4).

"Memang betul pelaksaan ujian nasional tingkat SLTP dilaksanakan Selasa (23/4) atau sehari setelah tingkat nasional," kata Sekretaris Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Papua Bejo kepada Antara di Jayapura, Senin (22/4).

Baca Juga

Dijelaskan, penundaan itu sesuai dengan surat dari Badan Standar Pendidikan Nasional (BSPN) tentang revisi jadwal UN SMP/Mts untuk Provinsi Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Surat tersebut pelaksanaan UN diundur dari Senin (22/4) hingga Kamis (25/4) menjadi Selasa (23/4) hingga Jumat (26/4).

Selain perubahan jadwal ujian mata pelajaran yang diujikan juga berbeda yakni bila ujian serentak diawali Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Khusus Papua, Papua Barat dan NTT, jadwal mata ujian yang diujikan menjadi Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan Bahasa Indonesia.

Secara keseluruhan persiapan sudah baik karena soal-soal ujian untuk UNKPsudah berada di ibukota distrik, kata Bejo. Menurutnya, seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK dan UNKPsudah siap serta berharap tidak ada gangguan baik jaringan maupun listrik.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura Fachrudin Pasolo secara terpisah mengakui persiapan pelaksanaan UNBK di SMP/MTs sudah mencapai 99 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement