Kamis 18 Apr 2019 19:44 WIB

SUV Compact Mulai Geser Dominasi MPV

Penjualan SUV naik lima persen dalam empat tahun terakhir

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Friska Yolanda
Kehadiran DFSK Glory 580 akan meramaikan pasar SUV di tanah air
Foto: dok hiru muhammad
Kehadiran DFSK Glory 580 akan meramaikan pasar SUV di tanah air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski penjualan otomotif di tanah air dalam beberapa tahun terakhir masih berada di kisaran angka 1 juta unit pertahunnya. Namun, hal itu belum sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta. 

Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih sangat rendah, baru dikisaran 87 unit per 1.000 orang dan jauh di bawah negara tetangga seperti Malaysia dengan 450 unit per 1.000 orang atau Thailand dengan rasio 220 unit per 1.000 orang.

Baca Juga

“Pasar otomotif di Indonesia sangat besar dan memiliki potensi yang juga besar untuk dimanfaatkan," kata Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, melalui keterangan resminya beberapa waktu lalu. Banyaknya merek kendaraan di Indonesia akan menjadi pendorong agen tunggal pemegang merek (APM) untuk memasarkan beragam produk mereka. 

Data penjualan otomotif di Indonesia per 2018, hampir menyentuh 1,2 juta unit. Secara keseluruhan, penjualan otomotif di Indonesia masih ditopang kendaraan di segmen multi purpose vehicle (MPV), low cost green car (LCGC), dan sport utility vehicle (SUV) yang terus berkembang. Penjualan segmen SUV mengalami pertumbuhan sebanyak lima persen dalam empat tahun terakhir. Sedangkan segmen MPV sebagai segmen terbesar mengalami penurunan 4 persen di periode yang sama.

Penjualan terbesar SUV di Indonesia selama 2018 mayoritas dihuni  SUV Compact sebanyak 135 ribu unit dan juga Medium Large 45 ribu unit, dengan total penjualan SUV mencapai 201 ribu unit. Bahkan melihat pangsa pasarnya, SUV Compact memiliki pangsa pasar 67 persen (meningkat 6 persen dari periode penjualan 2017 dan Medium Large dengan pangsa pasar 23 persen (turun 6 persen dari periode penjualan 2017).

Menurut data penjualan, tren otomotif memang masih dihuni MPV. Namun, mulai ada pergeseran minat konsumen ke segmen SUV. "Ini sesuai dengan prediksi kami, yang serius memproduksi SUV," kata Wang. Saat ini pihaknya menawarkan DFSK Glory 580 dan DFSK Glory 560 kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dengan kendaraan SUV yang aman dan nyaman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement