Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Jelang Panen Raya, Harga Cengkih di Manado Stabil

Selasa 16 Apr 2019 13:30 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pekerja menjemur hasil panen cengkih.

Pekerja menjemur hasil panen cengkih.

Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Manado akan memasuki masa panen raya pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Manado segera memasuki masa panen raya. Jelang panen raya, harga cengkih di sentra Kota Manado, Sulawesi Utara, masih dalam kondisi stabil.

"Tahun ini diperkirakan akan ada panen raya," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara, Hanny Wajong di Manado, Selasa.

Hanny mengatakan saat ini harga cengkih di Kota Manado dan sekitarnya sebesar Rp 91 ribu per kilogram. Dia mengatakan harga cengkih yang cukup baik itu diharapkan memberikan manfaat dan nilai tambah kepada petani untuk mengembangkan pertanian dan usaha perkebunan mereka.

"Kami akan melakukan pemantauan dan pengawasan sehingga harga cengkih tidak akan anjlok pada saat panen raya nanti," kata Hanny.

Pemerintah setempat akan terus memantau dan mengawasi pergerakan harga komoditas unggulan itu dan menyampaikannya kepada petani. Komoditas cengkih bukan barang yang diawasi seperti beras dengan demikian mekanisme pasar yang akan mengatur.

"Jika stok banyak maka harga turun. Begitu pula sebaliknya, jika stok kurang, pasti harganya mahal," tuturnya.

Meskipun demikian, pemerintah akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan harga komoditas unggulan daerah agar selalu berpihak kepada petani. Disperindag Sulut telah membentuk tim pemantau harga yang secara rutin akan mengecek langsung harga sejumlah komoditas unggulan di pasar-pasar tradisional maupun di tangan pengumpul.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA