Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Produk Unggulan Sulsel Siap Masuk Pasar Smesco Indonesia

Ahad 14 Apr 2019 14:54 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi

Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi

Foto: LLP KUKM/Kementerian Koperasi dan UKM
Produk unggulan Sulsel akan dipamerkan di Lantai Paviliun Smesco Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Smesco Indonesia melakukan seleksi terhadap produk unggulan daerah asal Provinsi Sulawesi Selatan dalam kegiatan temu mitra di Kota Makassar. Produk unggulan hasil seleksi tersebut rencananya akan dipamerkan di lantai Paviliun Provinsi Sulawesi Selatan yang berada di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta. 

“Sulawesi Selatan salah satu provinsi di Indonesia yang kita kenal kaya akan produk unggulan mulai dari sutera, tenun, makanan, obat2 tradisional hingga kerajinan. Karena itu tujuan kami mengadakan temu mitra ini sekaligus melakukan seleksi produk mana yang layak dijual di Smesco,” kata Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi di Makassar akhir pekan ini berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id.

Baca Juga

Selain itu, Smesco Indonesia juga melakukan pembekalan terhadap 40 pelaku UKM yang terdiri dari pelaku usaha kemasan, tenun dan kerajinan. Pembekalan ini melibatkan sejumlah narasumber dan fasilitator yang berkompeten di bidangnya. Diharapkan setiap UKM peserta dapat mengambil sebuah manfaat dengan mengikuti pembekalan ini. 

“Ini sebagai salah satu upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan SDM pelaku usaha agar kedepan bisa mengembangkan produk-produk unggulan mereka yang berdaya saing sehingga mudah laku di pasaran,” ungkap Emilia.

Temu mitra produk KUKM unggulan daerah ini merupakan rangkaian kegiatan sinergi program Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga, sejumlah perwakilan dari Dekranas Pusat maupun daerah Sulsel juga turut hadir.

Pada kesempatan itu, sejumlah kegiatan dilaksanakan meliputi penyuluhan perkoperasian, pelatihan vocational, pelatihan perkoperasian, pelatihan kewirausahaan, pelatihan pelaku UKM produk daerah, bimtek penguatan usaha UKM, temu mitra KUKM produk unggulan  daerah dan peningkatan standarisasi mutu dan sertifikasi produk.

Penyelenggaraan sinergi kegiatan itu dalam upaya meningkatkan wawasan UKM dan perajin. Dekranas sebagai mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dalam membina dan mengembangkan UKM melalui sinergi dengan kementerian terkait. Salah satunya dengan Kemenkop dan UKM yang didalamnya terdapat Smesco Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA