Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

200 Pelajar di Jawa Timur Ikuti Creatormuda Academy

Sabtu 13 Apr 2019 06:27 WIB

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Andi Nur Aminah

Siswa SMA. Ilustrasi

Siswa SMA. Ilustrasi

Foto: Republika
200 pendaftar yang dinyatakan lolos tersebut akan mengikuti 'Mading Talks'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Setelah sukses di Jakarta dan Yogyakarta. Acara "Creatormuda Academy" MAARIF Institute diselenggarakan di Malang, 11-12 April 2019. Acara yang diikuti oleh 200 pendaftar itu diselenggarakan di Convention Hall Sengkaling, Kapal Garden Hotel Malang.

Baca Juga

Direktur Eksekutif Maarif institute, Abdul Rohim Ghazali menjelaskan, dari 200 pendaftar yang dinyatakan lolos tersebut, mereka akan mengikuti 'Mading Talks' di hari pertama. Selanjutnya, 10 tim dengan karya terbaik akan mengikuti sesi berikutnya di hari kedua, Kamis (11/4).

Pada sesi berikutnya, satu tim mading terbaik berkesempatan untuk mengikuti pelatihan menulis, desain grafis, fotografi, videografi, serta produksi konten positif. Pelatihan tersebut akan didampingi oleh para pelatih berpengalaman.

“Lebih dari 50 tim dari berbagai sekolah di Jawa Timur telah mengirimkan berkas pendaftaran. Namun, kami mesti memilih yang terbaik dari yang terbaik, yakni tim yang mampu menawarkan ide segar dan kreatif untuk diarahkan memproduksi konten positif," kata Abdul Rohim.

Kemudian, ia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan platform online, yakni madingsekolah.id. Platform tersebut menjadi wadah ekspresi dan kreativitas para pelajar SMA untuk membuat konten positif secara berkesinambungan.

Acara Creatormuda Academy tersebut diselenggarakan atas dasar penurunan budaya membaca di kalangan pelajar di Indonesia. Menurut Abdul Rohim, saat ini para pelajar lebih tertarik membaca informasi dari internet, alih-alih mendapatkannya dari buku. Menurutnya, jika tidak dibarengi dengan sikap kritis, kecenderungan tersebut menyebabkan anak muda rentan terpapar informasi palsu (hoaks).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA