Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Kementan Pastikan Pasokan Cabai Aman Saat Lebaran

Jumat 12 Apr 2019 12:03 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolanda

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menggelar Operasi Pasar untuk meredam harga bawang merah dan bawang putih di Toko Tani Indonesia Center, Jakarta, Jumat (12/4).

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menggelar Operasi Pasar untuk meredam harga bawang merah dan bawang putih di Toko Tani Indonesia Center, Jakarta, Jumat (12/4).

Foto: Republika/Novita Intan
Harga rata-rata cabai merah besar Rp 34.250 per kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok dan harga cabai aman dalam tiga bulan ke depan. Artinya saat Ramadhan 1440 Hijrah pasokan cabai akan terkendali.

Baca Juga

“Untuk stok dan harga cabai saat ini masih aman sampai Lebaran nanti,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi seusai acara ‘Pelepasan Operasi Pasar di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Jakarta, Jumat (12/4).

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) pada Jumat (12/4), harga rata-rata cabai merah besar Rp 34.250 atau naik 1,03 persen dari harga sebelumnya. Sedangkan, harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan 0,46 persen dari harga sebelumnya. Adapun harganya saat ini adalah Rp 33.750 per kilogram.

Sebelumnya, Kementan melakukan operasi pasar di 46 pasar yang tersebar di Jakarta. Kementan, menggelontorkan 4 ton cabai merah keriting dengan harga Rp 18.000 per kilogram.

Menurut Agung harga cabai merah di pasaran sekarang ini senilai Rp 25.000 per kilogram. Apabila jumlah itu kurang ke depan akan ditambah. 

“Pasokan komoditas yang dijual akan ditambah jika masih belum mencukupi tingkat permintaan masyarakat,” kata dia.

Kementan memiliki instrumen dalam upaya stabilisasi harga panga  melalui Toko Tani Indonesia (TTI) dan TTI (Centre) yang berperan sebagai distribution center. “Dengan demikian, Kementan melalui TTI/TTIC turut berperan dalam upaya pemerintah menjaga kestabilan harga bahan pangan pokok yang pada akhirnya berkontribusi menurunkan inflasi,” ucapnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA