Senin 08 Apr 2019 16:02 WIB

Peserta Ujian SD-SMP di Jayapura Terbanyak di Papua

Banyaknya peserta ujian sekolah di Jayapura menjadi tantangan tersendiri.

Empat siswa Sekolah Dasar berjalan bersama sepulang sekolah di Kampung Hedam, Kecamatan Heram, Kota Jayapura, Papua.
Foto: Antara/Anang Budiono
Empat siswa Sekolah Dasar berjalan bersama sepulang sekolah di Kampung Hedam, Kecamatan Heram, Kota Jayapura, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Peserta ujian sekolah SD dan ujian sekolah berbasis nasional (USBN) bagi murid SMP di Kota Jayapura terbanyak di Provinsi Papua. "Jadi pelaksanaan ujian hari ini, yaitu pelaksanaan ujian sekolah bagi tingkat SD dan USBN bagi SMP," kata Ketua panitia pelaksana UN 2019 di Kota Jayapura, Abdul Majid, Senin (8/4).

Abdul mengatakan, jumlah murid sekolah dasar di Kota Jayapura yang mengikuti ujian sebanyak 4.937 peserta. Peserta ujian untuk tingkat SMP tahun ini sebanyak 4.894 orang peserta.

Baca Juga

Sekolah penyelenggara ujian sekolah untuk SD di Kota Jayapura 98 sekolah dasar, kemudian untuk SMP 44 sekolah. "Ini adalah merupakan peserta ujian nasional di seluruh kota/kabupaten di Papua, kita di Jayapura yang peserta ujiannya terbanyak," katanya.

Menurut dia, hal itu merupakan tantangan tersendiri, namun ia meyakini pelaksanaan ujian nasional bisa sukses. Abdul Majid yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura itu mengklain pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer di jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di kota itu sudah 100 persen terlaksana.

Abdul menyebutkan, 8-10 April 2019 adalah jadwal yang bersamaan untuk ujian sekolah bagi jenjang Sekolah Dasar (SD), dan penyambutan ujian di SMP yang namanya ujian sekolah bersandar nasional (USBN). Pelaksanaan ujian nasional kedua sekolah itu nanti pada 23-27 April 2019.

"Soal ujian itu dirakit oleh tim kota/kabupaten dengan komposisi 75 persen itu soal daerah dan 25 persen soal berbobot nasional," katanya.

Ia menambahkan, pendistribusian soal ujian sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura ke masing-masing baik SD maupun SMP di Kota Jayapura sudah dilaksanakan pada Sabtu (6/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement