Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Jokowi Janji Terbitkan Sertifikat Lahan Kampung Tua Batam

Sabtu 06 Apr 2019 18:57 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ani Nursalikah

Capres 01 Jokowi menyapa pendukungnya di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4).

Capres 01 Jokowi menyapa pendukungnya di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4).

Foto: Republika/Sapto Andiko Condro
Jokowi mengatakan akan merampungkan penerbitan sertifikat dalam tiga bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), berjanji akan merampungkan penerbitan sertifikat lahan atas masyarakat di Kampung Tua, Pulau Batam. Di hadapan puluhan ribu pendukung yang memadati kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Jokowi mengatakan akan merampungkan penerbitan sertifikat lahan Kampung Tua dalam tiga bulan ke depan.

"Pertama, mengenai sertifikasi pembuatan sertifikat untuk kampung Tua. Siapa yang setuju Kampung Tua disertifikasi? Akan kami lakukan maksimal tiga bulan, akan kami selesaikan," kata Jokowi, Sabtu (6/4).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, sebelumnya Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau memang sedang memperjuangkan 37 lokasi Kampung Tua yang tersebar di penjuru pulau utama agar dikeluarkan dari Hak Pengelolaan Lahan Pulau Batam milik Badan Pengusahaan Kawasan Batam.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Abdul Djalil mengatakan pemerintah membentuk Tim Kampung Tua Batam yang akan mengupayakan penerbitan sertifikat lahan di sana. Tim akan bekerja memastikan lokasi dan luasan kampung tua.

Baca Juga

photo
Capres 01 Jokowi menyapa pendukungnya di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4).

Selesai mengidentifikasi lahan dan luasan kampung tua, maka pemerintah akan mengupayakan untuk menerbitkan HPL sendiri, terpisah dari HPL Pulau Batam yang dimiliki BP Kawasan Batam.

Pemerintah menegaskan, kampung tua adalah lahan perkampungan yang sudah ada sebelum BP Kawasan Batam berdiri mengelola pulau utama Batam. Selain itu, Jokowi juga menjanjikan akan membangun jembatan penghubung Batam dan Bintan di Kepulauan Riau. Jokowi berjanji mengirimkan tim dalam waktu dekat untuk merampungkan desain teknis rinci atau DED (Detail Engineering Design) pengerjaan jembatan Batam-Bintan.

"Ada permintaan jembatan dari Batam ke Bintan. Pekan depan akan saya kirim tim untuk cek secepat-cepatnya sehingga DED bisa dilakukan secepatnya. Siapa yang setuju jembatan Batam Bintan? Tunjuk jari," kata Jokowi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA