Sabtu 06 Apr 2019 16:42 WIB

Duta Gemari Baca Ajak Milenial Melek Literasi

Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak generasi milenial untuk mengembangkan literasi.

26 orang anak muda terpilih dari berbagai kampus serta komunitas literasi dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Inkubasi Duta Gemari Baca
Foto: Dompet DHuafa Pendidikan
26 orang anak muda terpilih dari berbagai kampus serta komunitas literasi dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Inkubasi Duta Gemari Baca

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jaringan Sekolah Indonesia Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak generasi milenial untuk mengembangkan peminatan pada dunia literasi sebagai peluang menjanjikan di masa depan melalui Duta Gemari Baca Batch 5. Ajakan tersebut dalam rangka menciptakan generasi milenial yang mampu berkontribusi untuk mengubah kualitas pendidikan di Indonesia.

Pada Jumat (05/04) 26 orang anak muda terpilih dari berbagai kampus serta komunitas literasi dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Inkubasi Duta Gemari Baca yang dilaksanakan di Lembaga Pengembangan Insani, Bogor, Jawa Barat.

“Tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara (Most Literate Nation in the World, 2016) dan minat baca hanya 0,1% atau dengan kata lain dari 1000 orang hanya 1 yang membaca,” ujar Mulyadi Saputra, Manajer Jaringan Sekolah Indonesia, membuka Inkubasi Duta Gemari Baca.

Menggadang tema “Literaksi: Bukan Sekadar Narasi” Inkubasi Duta Gemari Baca dilaksanakan dalam bentuk gathering, training dan workshop terkait literasi, sharing literacy kepada anak-anak dan masyarakat sekitar, dan ditutup dengan stadium general yang menguatkan motivasi dalam bergerak di bidang literasi.

Rangkaian kegiatan dalam inkubasi Duta Gemari Baca berupaya memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengeksplorasi kemampuan dan minat dalam dunia literasi. Peserta juga akan merumuskan rencana tindak lanjut berupa inovasi kegiatan literasi yang akan diimplementasikan di daerahnya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama Mulyadi menuturkan, para Duta Gemari Baca merupakan perwakilan generasi milenial dan mereka diharapkan dapat mengetahui serta menebarkan semangat literasi masyarakat dan membangun simpul jejaring komunitas literasi di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement