Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Operasi yang Dijalani Mick Jagger Lazim pada Orang Seusianya

Jumat 05 Apr 2019 18:02 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Vokalis Rolling Stones, Mick Jagger

Vokalis Rolling Stones, Mick Jagger

Foto: Reuters
Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger, disebut menjalani operasi katup aorta.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mick Jagger mengirim permintaan maaf yang tulus kepada penggemar Rolling Stones setelah mengumumkan band ini harus menunda tur Amerika Utara. Pembatalan ini karena vokalis itu menjalani perawatan medis.

Sementara band dan perwakilan Jagger menolak untuk membocorkan perawatan apa yang diberikan, penggemar meyakini kalau rocker berusia 75 tahun sedang melakukan pemulihan penuh. Pada hari Selasa (2/4), CNN melaporkan Jagger akan menjalani operasi penggantian katup.

Sedangkan Billboard pertama kali melaporkan keberhasilan operasi tersebut. Sumber terdekat mengatakan kalau Jagger sudah pulih dan dalam kondisi kesehatan yang bagus. Sedangkan perwakilan bintang itu tidak segera menanggapi untuk berkomentar.

Operasi penggantian katup, terutama penggantian katup aorta, merupakan hal umum  seiring bertambahnya usia. Asisten profesor kedokteran dan wakil direktur Pusat Kesehatan Kardiovaskular Wanita di Columbia University Medical Center Dr Jennifer Haythe menyatakan, satu dari delapan orang berusia 75 atau lebih memiliki stenosis aorta sedang hingga berat sehingga membutuhkan penggantian katup.

Stenosis aorta terjadi ketika salah satu dari empat katup di jantung yang mengontrol aliran darah mengalami kalsifikasi. Haythe mengungkapkan katup bisa menjadi stenotik, yang artinya tidak membuka dan menutup dengan baik.

"Katup aorta menjadi agak macet dan ketika itu terjadi, solusi satu-satunya adalah penggantian katup," kata Haythe, dikutip People, Jumat (5/4).

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA