Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Kiai Maruf Yakin Swing Voters Pilih 01

Kamis 04 Apr 2019 22:17 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Muhammad Hafil

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf  Amin saat menghadiri acara Silaturrahmi bersama Jaringan Kiai-Santri  Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan,  Kalimatan Timur, Kamis (21/3) pagi.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Silaturrahmi bersama Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kalimatan Timur, Kamis (21/3) pagi.

Foto: Republika/Muhyiddin
Survei menunjukkan kedua paslon memiliki peluang merebut swing voters.

REPUBLIKA.CO.ID,  GARUT -- Calon wakil presiden (cawapres) Ma'ruf Amin optimis kelompok undecided voters dan swing voters pada akhirnya akan menjatuhkan suara kepada pasanhan calon (paslon) 01. Dia mengatakan, hal itu mengingat program jelas yang selama ini dikemukakan calon presiden (capres) Jokowi.

"Saya yakin mereka akan ke 01 kita lihat saja," kata Ma'ruf Amin usai melakukan kampanye terbuka di lapangan Cihuni, Cimaranggas, Pangatikan, Garut, Jawa Barat pada Kamis (4/4).

Hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia menunjukkan Jokowi dan Prabowo memiliki peluang yang sama untuk meraup potensi suara dari swing voters dan undecided voters. Survei tersebut memprediksi suara dari kelompok swing dan undecided voters berjumlah 24,1 persen.

Berdasarkan hasil survei, kelompok swing dan undecided voters ini lebih banyak akan tertarik memilih pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Sebanyak 12,8 persen responden diprediksi akan tertarik mendukung pasangan nomor urut 02 tersebut. Sementara suara ke pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf, diprediksi menarik 11,3 persen dari kelompok swing dan undecided.

Ma'ruf mengaku tidak ingin ambil pusing terkait hasil survei tersebut. Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) itu menegaskan keyakinannya jika pada akhirnya kelompok tersebut akan mengarahkan suara mereka ke Jokowi-Ma'ruf.

"Kenapa kalau debatnya kan menang, buktinya ada Programnya jelas ya," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA