Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Jokowi Janji Sambungkan Tol Aceh-Lampung pada 2024

Selasa 02 Apr 2019 16:22 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Esthi Maharani

Pembangunan Tol Trans Sumatra di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (19/8).

Pembangunan Tol Trans Sumatra di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (19/8).

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Tol Trans Sumatra menyambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Capres 01 Joko Widodo kembali melontarkan janji pembangunan infrastuktur. Ia berjanji, bila terpilih kembali sebagai Presiden RI, ia akan membangun Tol Trans Sumatra yang menyambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

"Dari Aceh sampai Lampung, (tol) akan tersambung di tahun 2024 Siapa yang setuju tunjuk jari!" kata Jokowi saat berkampanye di hadapan ribuan massa di Palembang Sport and Convention Center, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (2/4).

Jokowi menyebut, untuk tahap terdekat, jalan tol Trans Sumatra Bakauheni Palembang bulan Juni sudah akan tersambung. Sehingga, kata dia, mobilitas masyarakat di Sumatra menjadi lebih cepat dan mudah. "Siapa yang setuju tol Sumatera tunjuk jari!" kata Jokowi lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga tak lupa membeberkan janjinya terkait program pemberdayaan masyrakat yang menurutnya bakal ditekankan sebagai konsentrasi bila terpilih sebagai presiden. Janji Jokowi itu berupa tiga buah kartu yang telah menjadi program andalan, yakni Kartu Indonesia Pintar plus Kuliah, Kartu Pra-Kerja dan Kartu Sembako.

Jokowi menjelaskan, KIP Kuliah dipakai lulusan SMA SMK yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi atau universitas. Sementara kartu pra kerja dimanfaatkan lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan keahlian sehingga bisa masuk ke dunia kerja dan dunia industi.

"Apabila belum dapat kerja maka akan ada insentif, Siapa yang setuju?" tanya Jokowi disambut seruan setuju para pendukungnya.

Kemudian, lanjut Jokowi, Kartu Sembako akan menjamin murahnya harga sembako. Jokowi mengklaim, dengan kartu ini nantinya akan didapatkan diskon besar untuk belanja bahan pokok. Murahnya harga sembako akan ditekan dengan subsidi.

"Kartu ini baru dimunculkan tahun depan baru dianggarkan makanya Siapa yang setuju 3 kartu ini tunjuk jari!," ujar dia.

Jokowi pun menutup pidatonya dengan ajakan mengajak masyarakat yang hadir mencoblos pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. "Tanggal 17 April Mari kita berbondong-bondong ke TPS gunakan gunakan baju putih, Karena yang akan di coblos bajunya putih," kata Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA