Selasa 02 Apr 2019 20:32 WIB

Dosen Muda IPB Terima GlobeAsia’s 99 Most Inspiring Women

Ini penghargaan untuk perempuan Indonesia yang punya prestasi luar biasa.

Kampus IPB
Foto: Dok IPB
Kampus IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dosen muda Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi salah satu dari GlobeAsia’s 99 Most Inspiring Women yang digelar di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu (27/3). Ia adalah Dr  Yessie Widya Sari, staf pengajar di Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB. Dr Yessie terpilih menjadi salah satu dari 99 Inspiring Women versi GlobeAsia berkat dedikasi dan prestasinya di bidang sains. 

GlobeAsia’s 99 Most Inspiring Women adalah penghargaan untuk perempuan-perempuan Indonesia yang mempunyai prestasi luar biasa. Misalnya posisi sebuah instansi atau lembaga yang baru pertama dipimpin wanita, peneliti berprestasi, penelitian yang unik atau semua hal yang baru dan dilakukan perempuan, perempuan yang mengarah ke Revolusi Industri 4.0 hingga komedian yang selama ini dipikir identik sebagai dunia laki-laki,” terang Dr Yessie melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (2/4). 

Ia mengemukakan, walaupun banyak perempuan hebat, tetapi dalam angka statistik hanya enam persen wanita Indonesia yang berada di top position seperti direktur utama, direktur keuangan, pemimpin pemerintahan dan lain-lain. “Oleh karena itu tujuan 99 Inspiring Women ini adalah untuk   memberikan penghargaan kepada 99 wanita Indonesia yang sudah menjadi inspirator untuk bangsa,” ujarnya.

Ia menambahkan, proses pemilihannya juga melalui argumentasi yang alot di tim GlobeAsia. Argumentasi dilakukan dengan alot karena GlobeAsia ingin 99 wanita terpilih memang layak diberi penghargaan. “Mereka mencari perempuan Indonesia yang luar biasa dan sudah menjadi inspirasi untuk membangun bangsa baik dari dalam maupun luar negeri,” tuturnya.

Siaran pers itu menyebutkan, Dr  Yessie adalah sosok dosen muda yang sangat prestatif. Sebelumnya ia terpilih sebagai penerima penghargaan L’oreal Women in Science tahun 2018 atas penelitian unik di bidang life sciences

Penelitian yang dilakukan  Yessie dilatarbelakangi kepedulian terhadap orang (petani atau penjual) yang mengalami kerugian tinggi akibat pendeknya masa simpan produk pertanian dan beberapa produk pangan. Kemudian, kepedulian terhadap planet yaitu dengan melihat meningkatnya penggunaan plastik sintetik sebagai pengemas produk pangan pertanian. Hal itu  mengakibatkan adanya penumpukan limbah plastik yang pada gilirannya mengakibatkan adanya pencemaran pada bumi. 

Di sisi lain, kepedulian terhadap profit adalah dengan memanfaatkan produk samping biodiesel mikroalga sebagai bahan baku untuk produksi bioplastik. Menggabungkan tiga masalah tersebut, maka Dr  Yessie mengusulkan penelitian terkait kemasan makanan berbasis bioplastik.

Selain Dr  Yessie, tercatat pula beberapa nama lainnya yang masuk dalam 99 Inspiring Women ini seperti Sri Mulyani (menteri keuangan), Retno Marsudi (menteri luar negeri), Siti Nurbaya Bakar (menteri kehutanan dan lingkungan hidup), Basaria Panjaitan (komisioner KPK), Najwa Hihab (jurnalis), Marsha Timothy (artis),  Sakdiyah Ma'ruf (komedian), Eniya Listiani Dewi (saintis wanita penerima BJ Habibie Award), serta Nurhayati Subakat (penemu dan pemilik Wardah Kosmetik).

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement