Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Anies Bakal Tata Kemang Jadi Kawasan Pedestrian

Selasa 02 Apr 2019 06:22 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andri Saubani

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan kartu single trip MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/4).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan kartu single trip MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/4).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penataan pedestrian di Kemang akan dituntaskan tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, wilayah Kemang di Jakarta Selatan akan ditata menjadi kawasan ramah pejalan kaki atau pedestrian. Menurutnya, penataan pedestrian di Kemang akan dituntaskan tahun ini.

"Jadi Insya Allah tahun ini akan dituntaskan. Jadi, saya garis bawahi bahwa ini akan menjadi salah satu percontohan bahwa alat transportasi yang dimiliki semua orang adalah kaki," ujar Anies di kawasan Jakarta Barat, Senin (1/4).

Ia menjelaskan, kaki menjadi alat transportasi yang dimiliki semua orang. Akan tetapi, menurut dia, setiap orang tidak menganggap kaki sebagai transportasi utama dan justru memperhatikan kendaraan bermotor.

Untuk itu, Anies ingin membiasakan masyarakat menggunakan kaki sebagai transportasi. Sehingga, kata dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membangun area pedestrian di wilayah Kemang dengan jalanan yang relatif diperlebar.

Menurut dia, nantinya kawasan Kemang akan menjadi percontohan di mana ruang pejalan kaki menjadi lebih banyak. Kemudian Anies mengatakan, ruang untuk kendaraan bermotor akan dibatasi

"Nanti ada rekayasa lalu lintas, kemudian ada shuttle yang berputar terus menerus sehingga orang tidak harus masuk ke dalam kawasan. Disiapkan lahan parkir di luar kawasan untuk masuk kawasan itu," jelas Anies.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA