Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

MPR Luncurkan Prangko Empat Pilar

Sabtu 30 Mar 2019 14:30 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda

Sesjen MPR/Plt Sesjen DPD, Maruf Cahyono.

Sesjen MPR/Plt Sesjen DPD, Maruf Cahyono.

Foto: mpr
Peluncuran prangko sebagai upaya untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) meluncurkan prangko Empat Pilar MPR RI, Jumat (29/3) lalu. Peluncuran prangko tersebut sebagai upaya untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR.

Sesjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono menyampaikan apresiasi atas peluncuran pranko Empat Pilar MPR tersebut. Menurutnya, baru pertama kali Empat Pilar MPR dimasukkan ke dalam prangko.

Baca Juga

“Segala daya upaya dan cara serta metode kita lakukan untuk terus membumikan dan membunyikan nilai-nilai Empat Pilar MPR. Karena itu, menempatkan Empat Pilar MPR dalam prangko, merupakan sebuah terobosan. Saya bangga sekali  dengan prangko Empat Pilar MPR,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Empat desain prangko yang diluncurkan melambangkan Empat Pilar MPR, yaitu prangko bergambar sila-sila Pancasila (Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara), prangko bergambar Pembukaan UUD (UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara), prangko bergambar peta Indonesia (NKRI sebagai bentuk negara) dan perangko bergambar lambang Garuda Pancasila (Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara).

“Prangko Empat Pilar MPR memiliki makna yang luar biasa. Prangko ini isinya ideologi. Prangko isinya pembukaan UUD, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Prangko yang di dalamnya ada Empat Pilar MPR. Ini sesuai dengan misi MPR mewujudkan metode Empat Pilar MPR agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Pos Kominfo, Ikhsan Baidirus, mengatakan Empat Pilar MPR adalah platform Indonesia berbangsa. Ikhsan menambahkan, prangko menjadi duta bagi bangsa Indonesia ke seluruh dunia.

Selain itu, katanya, prangko juga sangat bermakna dan memiliki kekuatan strategis. Karena itu proses (usulan) untuk masuk dalam prangko tidak mudah. “Kita sangat selektif baik dalam gambar maupun citra yang hendak disampaikan dalam prangko. Pesan yang disampaikan dalam prangko harus bisa mewakili Indonesia. Karena itu sangat tepat untuk memberikan tempat yang sangat baik, mulia dan terhormat bagi Empat Pilar MPR dalam prangko,” ujarnya.

Peluncuran prangko Empat Pilar MPR merupakan kerja sama MPR RI dengan Kementerian Kominfo, PT Pos Indonesia, dan Peruri berlangsung di Ruang Delegasi Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Jakarta. Hadir dalam peluncuran ini Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma’ruf Cahyono, Direktur Pos Kominfo Ikhsan Baidirus, Kepala SBU Non Uang Peruri Fadel, Kepala Regional IV Jakarta PT Pos Indonesia, Onni Hadiyono. Juga hadir sejumlah blogger dan kalangan filatelis.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler