Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

BCA Luncurkan Program Akselerator Startup Fintech

Rabu 27 Mar 2019 18:52 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Startup. Ilustrasi

Startup. Ilustrasi

Foto: expertbeacon.com
Program SYNRGY BCA menghubungkan para startup dengan para mentor kompeten

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan SYNRGY untuk membantu pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia. SYNRGY merupakan sebuah program akselerator startup fintech dan sekaligus wadah kolaborasi untuk komunitas perusahaan rintisan yang bergerak dibidang teknologi finansial (tekfin).

SYNRGY muncul sebagai respon BCA atas transformasi digital dan revolusi industri yang kini mulai masif diterapkan oleh banyak perusahaan di dunia. Menurut Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin bertambah secara signifikan setiap waktunya.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia tengah menikmati geliat digitalisasi. Sehingga muncul banyak platform yang terangkai dalam bidang-bidang startup. Laju positif startup di Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, dan terdiri dari segmen kreatif dalam rangka menjawab  kebutuhan masyarakat jaman now.

"Latar belakang inilah yang mendorong kami untuk turut mendukung pertumbuhan startup di Indonesia dengan satu wadah bernama SYNRGY,” urai Jahja melakui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/3).

Menurut data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bulan Oktober 2018 lalu, jumlah startup di Indonesia kian bertambah setiap tahunnya. Tercatat, melalui skema Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi  (PPBT) dan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dari 52 startup dan calon startup pada 2015, menjadi 956 pada 2018. Diperkirakan, jumlah tersebut akan meningkat menjadi lebih dari 1000 startup pada 2019.

Sebagai wadah kolaborasi dan akselerator untuk para komunitas startup, SYNRGY telah menyiapkan sejumlah program untuk membantu startup mengembangkan bisnis mereka dengan lebih cepat dan lebih baik.

Startup berkesempatan untuk bergabung dengan SYNRGY dan mendapatkan akses ke program - program tersebut, salah satunya adalah program akselerator yang akan dijalankan oleh Digitaraya dengan dukungan dari Google Developers Launchpad.

Program akselerator tersebut akan dijalankan selama 3 bulan, dimana setiap bulan akan diadakan bootcamp yang intens untuk mendukung produk dan pengembangan bisnis para startup.

Tidak hanya bootcamp, SYNRGY juga akan menghubungkan para startup dengan mentor-mentor kompeten termasuk dari Google, untuk dapat langsung berkonsultasi one on one dengan mentor, membukakan akses kepada para investor, dan menghubungkan startup dengan BCA.

Sebagai institusi yang juga mengandalkan digitalisasi perbankan, menurut Jahja, BCA kian terbuka untuk menjalin hubungan kerja sama dengan startup di Indonesia yang turut menjadi penggerak ekonomi digital Indonesia. Melalui wadah SYNRGY ini, diharapkan para startup memperoleh program pembekalan secara maksimal untuk mendukung produk-produk yang akan diluncurkan.

"Karena di wadah ini, para startup akan terhubung dengan para mentor lokal maupun global, dibekali metode dan tools serta terhubung dengan ekosistem investor dan komunitas startup lainnya,” tutup Jahja. 


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA