Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Justin Bieber Disalahkan atas Kerusakan Ngarai di Islandia

Ahad 24 Mar 2019 17:03 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih

Justin Bieber

Justin Bieber

Foto: EPA
Sejak Justin Bieber syuting di sana jumlah pengunjung ngarai melonjak

REPUBLIKA.CO.ID, REYKJAVIK -- Di Islandia, terdapat canyon atau ngarai bernama Fjaðrárgljúfur. Tempat itu sempat menjadi lokasi syuting video klip Justin Bieber untuk lagu I’ll Show You pada 2015 silam. Hingga saat ini, video klip suami Hailey Baldwin itu telah ditonton 440 juta kali.

Dilansir dari People pada Ahad (24/3), sejak ditampilkan di video klip Bieber jumlah wisatawan ke Fjaðrárgljúfur pun melonjak drastis. Akibat membludaknya pengunjung, ngarai indah itu mengalami kerusakan lingkungan. Kondisi tersebut membuat tempat wisata itu harus mengalami penutupan sementara.

Petugas agen lingkungan Islandia, Daníel Freyr Jónsson, mengatakan peningkatan kunjungan yang terjadi sekitar 50 hingga 80 persen. Untuk melindungi vegetasi yang ada, maka penutupan akan dilakukan selama dua pekan. Namun jika hingga dua pekan belum ada perbaikan yang signifikan, maka penutupan akan diperpanjang hingga Juni.

Di sisi lain, Director of Tourism Agency Visit Islandia, Inga Hlin Palsdottir, mengatakan kepada CNN Travel sebenarnya Bieber tak perlu disalahkan. Pasalnya, Islandia memiliki cuaca yang ekstrem sehingga berpengaruh terhadap kondisi alam di sekitar. “Kami perlu menyediakan infrastruktur yang lebih baik sehingga kedepan tak perlu melakukan penutupan,” ujar Inga. 

Berdasar laporan The Telegraph, pada 2017 jumlah wisatawan di tempat tersebut sebanyak 150 ribu orang. Pada 2018, jumlahnya meningkat jadi 282 ribu wisatawan. Menurut laporan Fox News, ngarai indah itu terbentuk pada sembilan ribu tahun yang lalu. Diperkirakan ngarai itu terbentuk pada ujung jaman es.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA