Jumat 22 Mar 2019 14:07 WIB

Hasil SNMPTN Diumumkan, Lebih dari 92 Ribu Siswa Lolos Tes

Peserta SNMPTN bisa melihat hasil seleksi secara daring.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nur Aini
Ujian SNMPTN  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ujian SNMPTN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan pada Jumat (22/3) pukul 13.00 WIB. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis sebanyak 92.331 siswa lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari total pendaftar 478.608 siswa.

"Dari jumlah yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tersebut termasuk 26.217 siswa dari peserta bidik misi," kata Ketua LTMPT, Ravik Karsidi di Kantor Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumat (22/3).

Baca Juga

Ia mengatakan, hasil pengumuman SNMPTN 2019 dapat diketahui melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id. Caranya, peserta memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN. Pengumuman hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada laman 12 PTN mirror yaitu:

1. http://snmptn.ui.ac.id

2. http://snmptn.undip.ac.id

3. http://snmptn.ugm.ac.id

4. http://snmptn.unair.ac.id

5. http://snmptn.unsri.ac.id

6. http://snmptn.untan.ac.id

7. http://snmptn.itb.ac.id

8. http://snmptn.its.ac.id

9. http://snmptn.ipb.ac.id

10. http://snmptn.unand.ac.id

11. http://snmptn.unhas.ac.id

12. http://snmptn.unsyiah.ac.id

Ravik melanjutkan, kepada peserta yang lulus SNMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi atau daftar ulang pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN. Informasi tersebut bisa dilihat di masing-masing laman PTN terkait.

"Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan," kata Ravik menegaskan.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN yang bersangkatan dengan memenuhi ketentuan, pertama adalah lolos verifikasi data akademik. Hal yang diperiksa adalah rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) dan persyaratan lain yang akan dilaksanakan oleh PTN terkait.

Selain itu, bagi peserta bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi. Data dilihat melalui dokumen dan atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

Bagi peserta SNMPTN yang telah dinyatakan lulus tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN. Ravik juga mengatakan para peserta yang tidak lulus SNMPTN 2019, masih mendapat kesempatan untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang I yang akan ditutup pada Ahad (24/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement