Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Telkom Timika Kembangkan Jaringan Hadapi PON

Jumat 22 Mar 2019 14:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pekerja menarik kabel serat optik milik PT. Telkom pada proyek pemeliharaan jaringan di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (20/3/2019).

Pekerja menarik kabel serat optik milik PT. Telkom pada proyek pemeliharaan jaringan di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (20/3/2019).

Foto: Antara/Basri Marzuki
Jaringan bukan hanya dibangun di kota, tapi juga di pelosok.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Jajaran PT telkom Kantor Daerah Timika terus mengembangkan jaringan hingga seluruh pelosok untuk menghadapi ajang Pekan Olahraga Nasional ( pon ) XX tahun 2020 di Tanah Papua. Kepala Kandatel Timika Jangkir Simbiak mengatakan pengembangan jaringan telekomunikasi kini tidak hanya menyasar jalan-jalan utama di Kota Timika, tetapi sudah menyasar ke lorong-lorong dan gang-gang pemukiman warga.

"Titik terjauh sampai sekarang memang masih di sekitar Kelurahan Kamoro Jaya (SP1) dan Kelurahan Wonosari Jaya (SP4) Distrik Wania dan Kuala Kencana. Kami sudah mendesain jaringan ke arah Mapurujaya (ibukota Distrik Mimika Timur) untuk dikirim ke Kantor Regional Telkom Papua di Jayapura. Mudah-mudahan ini bisa disetujui," kata Jangkir.

Hingga saat ini, katanya, pelanggan Indihome di wilayah Timika sebanyak 6.690 pelanggan. Tahun ini Telkom Timika ditargetkan melayani pemasangan fasilitas indihome pada 4.777 pelanggan baru. Hingga Maret ini, sebanyak 900 pelanggan baru sudah bisa menikmati fasilitas indihome.

"Tahun lalu kami bisa melampaui target yaitu 125,9 persen dengan jumlah pelanggan baru sebanyak 3.350. Pencapaian kami terbaik untuk kawasan Indonesia timur melampaui Kabupaten Luwuk dan Mamuju," ucap Jangkir.

Menurut dia, pencapaian kinerja tersebut tidak lepas dari tingginya animo warga Timika yang meminta pemasangan fasilitas indihome di rumah ataupun kantor, termasuk cafe-cafe, hotel dan restoran yang menjadi titik kumpul penikmat fasilitas internet gratis.

Saat ini, katanya, staf Telkom Timika terus membenahi jaringan yang ada di wilayah SP1, SP4, Petrosea, Jalan Kartini, Jalan Belibis dan beberapa jalan utama di kota Timika hingga pinggiran Kota Timika.

Jangkir mengatakan jajarannya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat untuk penyediaan jaringan dan fasilitas internet pada sejumlah venue yang akan digunakan untuk tempat pertandingan sejumlah cabang olahraga pada PON XX tahun 2020 di Timika.

Dari sejumlah venue PON yang ada, katanya, tahap pertama dalam triwulan I 2019 ini sudah bisa terlayani pemasangan jaringan telkom di satu area venue PON. Ada satu lokasi venue yang sudah disiapkan jaringannya pada triwulan pertama ini.
Telkom menargetkan sampai triwulan ketiga semua lokasi venue PON sudah disiapkan fasilitas jaringannya. "Kami tinggal berkoordinasi dengan Panitia PON, fasilitas apa yang hendak dipasang. Yang terpenting jaringan kabel fiber optiknya sudah ada di sekitar lokasi itu," ucap Jangkir.

Adapun venue PON yang terletak di lokasi yang belum terjangkau jaringan kabel fiber optik akan diback-up dengan jaringan satelit mangun sky.

Salah satu venue penyelenggaraan PON XX di Timika yaitu Mimika Sport Compleks di jalan poros Timika Jaya (SP2)-Limau Asri (SP5). Di lokasi itu terdapat fasilitas stadion atletik terbuka tempat berlangsungnya pertandingan sejumlah nomor atletik serta stadion tertutup (indoor) tempat berlangsungnya sejumlah pertandingan cabang olahraga seperti basket, voli dan lainnya.

Menurut Jangkir, jaringan Telkom memang sudah tersedia di sekitar lokasi itu namun membutuhkan penambahan kapasitas.

"Surat dari pengelola Mimika Sport Compleks sudah ada di kami. Kami akan menambah kapasitas jaringan ke situ sampai di venue futsal yang berada di perempatan SP2-SP5. Desainnya sudah ada, tinggal pembangunan jaringannya. Kami menargetkan pada triwulan kedua ini sudah dimulai pembangunan jaringan ke sana," ujar Jangkir.

 

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA