Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Kaum Milenial Ikuti Workshop Jurnalistik di UBSI Cengkareng

Jumat 22 Mar 2019 11:00 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali menyelenggarakan roadshow Workshop Jurnalistik

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali menyelenggarakan roadshow Workshop Jurnalistik

Foto: istimewa
Acara workshop bertemakan menulis, berbahasa, editing, dan bekerjasama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali menyelenggarakan roadshow Workshop Jurnalistik keduanya yang diisi oleh narasumber Redaktur Senior Republika.co.id, Irwan Kelana. Kegiatan tersebut diadakan di UBSI kampus Cengkareng Jl. Kamal Raya No.18, RT.6/RW.3, Cengkareng Barat, Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Rabu (20/3)

Acara Workshop Jurnalistik ini bertemakan ‘Menulis, Berbahasa, Editing’ dan bekerja sama dengan portal berita milenianews.com yang diketuai oleh Arina Selawati. Dan Sukses dihadiri oleh puluhan mahasiswa.

“Jurnalis merupakan profesi yang memberikan keberkahan, memberi informasi, mengedukasi, menginspirasi dan membantu masyarakat” kata Irwan saat membuka materinya.

Ia pun memberikan materi dasar kepenulisan berita. Menurutnya, unsur yang penting dalam berita terdiri dari What (Apa), Where (Di mana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) dan How (Bagaimana).

“prinsip 5W + 1H merupakan dasar kepenulisan yang harus diketahui dan penting saat ingin menginformasikan sesuatu, begitu juga dengan pembuatan rilis berita” tambahnya

Irwan menambahkan, peserta diminta untuk membuat sebuah berita yang kemudian diseleksi olehnya. Dan peserta yang terpilih untuk berkesempatan menjadi kontributor di portal berita Milenianews.com.

Sementara, Arina mengemukakan workshop ini diperuntukkan untuk pelajar dan mahasisa yang bersedia masuk dalam dunia jurnalistik. Jika berhasil, yang terpilih akan menjadi kontributor di Milenianews.com.

“Workshop Jurnalistik merupakan event roadshow sebagai rangkaian perayaan Dies Natalies UBSI ke 31. Selain di UBSI kampus Cengkareng, workshop ini juga telah terselenggara di UBSI Kampus Pemuda pada (18/03). Dan kegiatan ini akan diselanggarakan di dua kampus UBSI lainnya. Di antaranya UBSI kampus Jatiwaringin pada (25/03) dan UBSI kampus Margonda pada (27/03),” jelas Arina.

Naba Aji Notoseputro pun memberikan tanggapan mengenai kegiatan workshop ini. Dimana ia mengatakan bahwa workshop ini dapat memberikan manfaat bagi kaum generasi milenial yang tertarik dengan dunia jurnalistik untuk menunjukan bakatnya.

“Saya harap kegiatan workshop ini dapat meningkatkan intregritas kaum milenial saat ini dan para perserta yang hadir dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat mengenai jurnalistik” papar Naba.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA