Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Bawaslu Ingatkan Tiga Hal Soal Distribusi Surat Suara

Rabu 20 Mar 2019 22:43 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (tengah)

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (tengah)

Foto: Republika/Prayogi
Bawaslu juga mencatat adanya salah pengiriman surat suara di dalam negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam distribusi surat suara menjelang hari H Pemilu 2019. Bawaslu juga mencatat adanya salah pengiriman surat suara di dalam negeri. 

Baca Juga

"Pertama soal ketepatan waktu dan lokasi pengiriman. Kedua, soal jumlah yang dikirimkan apakah sama atau tidak dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Ketiga soal kualitas surat suara yang dikirimkan harus dipastikan," ujar Bagja kepada wartawan di Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/3). 

Dia melanjutkan, ada laporan kesalahan pengiriman suara di dalam negeri. Kejadian itu, kata dia, ada di beberapa daerah. "Nanti datanya kami sampaikan dalam rilis ," ungkap Bagja. 

Sebelum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan kejadian salah kirim surat suara juga terjadi di dalam negeri. Namun, hal itu terjadi di daerah yang berdekatan. 

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan kejadian salah kirim surat suara di dalam negeri terjadi di satu daerah. "Kalau ada yang salah (salah kirim), itu terjadi di satu provinsi, jadi mudah untuk menanganinya," kata Ilham kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu. 

Dia mencontohkan, salah kirim yang terjadi antara satu kabupaten dengan kabupaten lain. Namun, Ilham masih enggan mengungkapkan lebih lanjut. "Tunggu data resminya dari Bawaslu ya," tegasnya. 

Ilham mengungkapkan jika seluruh kebutuhan surat suara untuk Pemilu 2019 akan selesai dicetak pada 27 Maret atau pekan depan. Saat ini, ada peruntukan surat suara untuk sejumlah daerah yang belum selesai dicetak. 

Sebab, kata Ilham, jumlah surat suara yang dibutuhkan cukup sedikit. "Ada beberapa daerah misalnya Bangka Belitung, dan sejumlah daerah lain yang belum selesai dicetak surat suaranya. Nanti akan kami kirim paling akhir. Ada pertimbangan tersendiri kenapa kami melakukan itu," jelas dia. 

Ilham mengungkapkan hingga saat ini persentase produksi surat suara Pemilu 2019 sudah lebih dari 93 persen. Sehingga, pada 27 Maret nanti KPU yakin semua kebutuhan surat suara pemilu sudah selesai dicetak. 

"Kemudian, jika ada kekurangan surat suara di daerah, silakan membuat laporannya. Kami akan segera menindaklanjuti," tambah Ilham.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA