100 UMKM Ikut Festival Kopi di Jayapura

Biji kopi (ilustrasi). 100 UMKM mengikuti Festival Kopi yang dilaksanakan Bank Indonesia Perwakilan Papua.
Biji kopi (ilustrasi). 100 UMKM mengikuti Festival Kopi yang dilaksanakan Bank Indonesia Perwakilan Papua.
Foto: www.freepik.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sebanyak 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengikuti Festival Kopi yang dilaksanakan Bank Indonesia Perwakilan Papua di Jayapura, Papua.

Dari 100 UMKM yang mengikuti festival yang akan berlangsung hingga Sabtu (9/10) itu, 40 UMKM di antaranya bergerak di usaha kopi. Sisanya dari usaha kuliner, aksesories, fesyen, dan produk lainnya.

Baca Juga

Kepala Bank Indonesia (BI) Papua Naek Tigor Sinaga mengatakan, festival yang dilaksanakan sejak Ahad (3/10) itu sekaligus dalam rangka memeriahkan PON XX.

PON XX yang sedang berlangsung tidak hanya menyuguhkan panggung kompetisi, tapi juga kesempatan untuk melihat langsung produk UMKM, keindahan alam, serta adat istiadat masyarakat Papua.

Berdasarkan data yang dimiliki, UMKM menopang 63 persen dari perekonomian Papua. "Hal ini ini menunjukkan betapa pentingnya peran UMKM dalam denyut nadi ekonomi Papua," kata Naek Sinaga di Jayapura, Senin (4/10).

Sedikitnya 400 UMKM dilibatkan dalam penyelenggaraan PON dengan mempromosikan beragam kerajinan, aksesoris dan kain tradisional khas Papua, hingga aneka kuliner makanan dan minuman.

Dalam mendukung suksesnya PON XX, selain melaksanakan festival kopi, Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua juga bekerja sama dengan seluruh perbankan dan penyelenggara jasa sistem pembayaran meningkatkan jumlah merchant dari 31 ribu pada tahun 2020 meningkat menjadi 75 ribu merchant saat ini. "Dari jumlah tersebut 85 persen di antaranya berada di empat klaster penyelenggara PON yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke," kata Naek Sinaga.

 

 

Komentar

Terkait


Logo Bank Indonesia. KPw Bank Indonesia Jambi menyebut, aset perbankan di Jambi mencapai Rp 55,99 triliun.

Aset Perbankan Jambi Capai Rp 55,99 Triliun

Kerusuhan warga (ilustrasi)

Polri: Perang Suku di Yahukimo Tewaskan Enam Orang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Agus mengatakan, UMKM bisa besar dengan masuk dalam rantai pasok industri.

UMKM Harus Masuk Rantai Pasok Industri

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki. Teten mengatakan, UMKM dapat tumbuh ekspansif dengan memanfaatkan teknologi digital.

UMKM Tumbuh Ekspansif dengan Teknologi Digital

Gelaran Solo Great Sale. SGS dinilai jadi ajang strategis mendorong pertumbuhan UMKM.

SGS 2021 Ajang Strategis Genjot Pertumbuhan Bisnis UMKM

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image