Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Sebanyak 1.609.697 Lembar Surat Suara Tiba di Rokan Hulu

Jumat 08 Mar 2019 23:27 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Logistik Surat Suara (ilustrasi)

Logistik Surat Suara (ilustrasi)

Foto: Antara/Rahmad
Pembongkaran surat suara untuk Rokan Hulu sudah dimulai sejak Kamis malam.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sebanyak 1.609.697 surat suara tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum Rokan Hulu, Riau, untuk keperluan logistik Pemilihan Umum 17 April 2019. "Surat suara sudah masuk ke gudang KPU Rokan Hulu terakhir pukul 16.00 WIB tadi," kata Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri saat dihubungi dari Pekanbaru, Jumat (8/3).

Baca Juga

Elfendri menjelaskan proses pembongkaran surat suara untuk Rokan Hulu sudah dimulai sejak Kamis malam. Kemudian selanjutnya sesuai prosedur proses serah terima dilakukan dan penyimpanan di gudang KPU. Selanjutnya usai penyimpanan ini nantinya menunggu instruksi pelipatan.

Adapun jumlah surat suara yang diterima itu terdiri atas beberapa model. Pertama, lembar surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI Dapil Riau 1 dan DPRD Prov Riau, Dapil Riau 3 yang jumlahnya masing-masing sama 320.939 lembar. Kemudian DPRD kabupaten/kota dengan rincian Dapil 1 sebanyak 88.931 lembar, Dapil 2 ada 80.100 lembar surat suara, sedangkan Dapil 3 dengan jumlah 67.584 lembar dan Dapil 4 ada 88.326 lembar.

Sementara itu Koordinator divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto membenarkan mulai adanya pengiriman logistik surat suara dan kotak suara ke kabupaten/kota setempat. Pihaknya bahkan langsung melakukan pemeriksaan "Kamis malam tadi, saya memonitor langsung distribusi logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Rokan Hulu," ujar Nugroho.

Menurut dia, lokasi penyimpanan gudang logistik berada di komplek Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.  Logistik pemilu 2019 dibawa dari Bogor menuju Rokan Hulu oleh perusahaan pengiriman. Logistik tersebut diangkut empat truk besar, dengan pengawalan aparat kepolisian sejak dari Bogor hingga dibongkar ke gudang logistik KPU.

"Pembongkaran logistik dilaksanakan oleh KPU Rokan Hulu bersinergi dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Rokan Hulu," tegasnya.

Hadir dalam proses pembongkaran mitra kerja KPU, yaitu Bawaslu Rokan Hulu, kepolisian, dan dari KPU Provinsi Riau. Setelah dicek, baik dari surat jalan dan cek manual, logistik yang diterima sesuai dengan peruntukan. "Artinya tidak ada logistik Pemilu 2019 dari daerah lain yang nyasar ke Rokan Hulu," ujarnya.

Dengan demikian ia meminta agar KPU Rokan Hulu menjaga logistik pemilu 2019 karena pesta demokrasi sudah semakin dekat. "Dan segera melaksanakan tahapan berikutnya seperti melipat surat suara sesuai jadwal," ujarnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA