Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Pelindo I Bahas Pengembangan Cruise di Sumatra Utara

Senin 04 Mar 2019 20:45 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil

Kapal pesiar/ilustrasi

Kapal pesiar/ilustrasi

Foto: AP
Pembahasan tersebut untuk memacu peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I membahas pengembangan jalur Cruise dan Ferry Medan-Penang, Sumatra Utara. General Manager Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid mengatakan hal tersebut sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman) hari ini (4/3).

Yarham mengatakan pembahasan tersebut dilakukan untuk pembahasan mengenai pengembangan cruise untuk meningkatkan pariwisata. “Di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan memang sudah beberapa kali disandari cruise yang akan berkunjung ke destinasi-destinasi wisata yang berada di Sumatra Utara," kata Yarham, Senin (4/3).

Baca Juga

photo
General Manager Pelindo I Cabang Belawan, Yarham Harid


Dia mengatakan pembahasan tersebut untuk memacu peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatra Utara. Dengan begitu, saat ini menurut Yarham sudah membahas potensi apa saja dari pengembangan jalur cruise untuk meningkatkan pariwisata dan mendorong perekonomian, khususnya daerah Sumatra Utara.

Sementara itu, Asisten Deputi Infrastruktur Pelayaran, Perikanan, dan Pariwisata Kemenko Kemaritiman Rahman Hidayat sekaligus sebagai Ketua Satgas atau Task Force Cruise mengatakan tren industri cruise di Asia menunjukkan sembilan dari penumpang Asia berwisata cruise di kawasan Asia sehingga jumlah cruise dengan tujuan antarnegara Asia meningkat pesat.

Rahman menuturkan pada 2018, Indonesia menduduki peringkat tujuh dari 10 Top Destinasi dengan total 354 call yang meningkat jika dibandingkan 2015. "Pada 2015 Indonesia menduduki peringkat 9 dari 10 Top Destinasi dengan total kunjungan cruise sebanyak 196 call,” tutur Rahman.

Dia mengharapkan dengan adanya koordinasi tersebut, dapat memberikan masukan dan membuka peluang untuk mendorong pengembangan jalur cruise Penang-Belawan. Terutama untuk pengembangan jalur di wilayah Belawan dan mengintegrasikan daerah lainnya di Sumatra Utara.

Untuk itu, Yarham memastikan Pelindo I akan turut mendorong pengembangan jalur cruise tersebut dengan memberikan pelayanan yang terbaik. “Pelindo I telah melakukan penataan terminal penumpang di beberapa pelabuhan yang dilengkapi dengan fasilitas modern yang lengkap untuk memberikan kenyamanan para wisatawan yang melakukan perjalanan menggunakan cruise,” jelas Yarham. Rahayu Subekti


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA