Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Alasan Vina Panduwinata Gandeng Musisi Muda

Senin 04 Mar 2019 15:48 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Konser Vina Panduwinata: Penyanyi Vina Panduwinata saat tampil di The Pallas, SCBD, Jakarta, Selasa (27/2) malam.

Konser Vina Panduwinata: Penyanyi Vina Panduwinata saat tampil di The Pallas, SCBD, Jakarta, Selasa (27/2) malam.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bagi Vina, musisi perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vina Panduwinata menggandeng musisi dari generasi muda dalam proses pembuatan album barunya, Dua Anak Manusia. Penabuh drum Ikmal Tobing dan DJ Goeslan mengaransemen ulang lagu "Dunia Kudamba" dengan suntikan nuansa musik dansa elektronik (EDM).

Keinginan Vina berkolaborasi sudah ada sejak dua tahun silam. Perempuan yang akrab disapa Mama Ina itu terpikat saat melihat penampilan mereka. Dia pun mengajak Ikmal dan Goeslan menggarap aransemen salah satu lagu dalam albumnya.

"Kolaborasi ini menjadi bentuk Mama Ina menghormati dan menghargai anak-anak muda lewat musik. Kalau mau dihargai orang lain, kita harus menghargai terlebih dahulu," kata pelantun lagu "Burung Camar" itu.

Judul-judul lagu dalam album antara lain "Bukalah Matamu", "Wow", "Agar Kau Mengerti", "Duniaku Tersenyum", "Mawar Merah", "Rindu", dan "Selamat Tinggal Kenangan". Ada pula lagu "Biru" ciptaan almarhum Dian Pramana Poetra dan "Melati Suci" karya Guruh Soekarno Putra.

Dalam proses penyelesaian album Dua Anak Manusia, perempuan 59 tahun kelahiran Bogor itu menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya, dia harus melakukan penyesuaian cara menyanyikan lagu dengan nada dan ekspresi berbeda.

Apalagi, saat menampilkan lagu pada penampilan langsung. Irama rancak pada tembang bernuansa EDM tentunya membuat Vina harus bergerak lebih energik di atas panggung. Vina pun tidak memungkiri bahwa dirinya membuat penyesuaian terkait riasan dan gaya berbusana.

"Dibikin lebih muda, tapi tetap disesuaikan dengan usia. Akan lebih fair kalau mendekati mereka dengan 'baju' mereka," ungkap Vina. Dia menganggap musisi perlu terus beradaptasi sesuai perkembangan zaman.

Vina yang melakoni karier bermusik sejak 1981 itu juga mengajak Ikmal dan Goeslan berkolaborasi pada konser perilisan album Dua Anak Manusia beberapa waktu lalu. Musisi lain yang terlibat adalah Isa Raja, Ibeth Estrya, grup musik The Groove, dan BePolar Band.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA