Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Everton vs Liverpool ; Bukan Mangsa Mudah

Ahad 03 Mar 2019 09:57 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Para pemain Everton dan Liverpool.

Para pemain Everton dan Liverpool.

Foto: EPA-EFE/Rui Vieira
Dari 18 laga terakhir, Liverpool tak pernah kalah dari Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE-- Gol semata wayang Divock Origi di Stadion Anfield, awal Desember silam, menjadi penentu hasil DerbI Merseyside edisi perdana di kancah Liga Primer Inggris musim ini. Lewat gol pada menit ke-96 itu, Liverpool memperpanjang dominasinya atas Everton pada salah satu partai derbi terpanas sepak bola Inggris tersebut.

Dalam 18 laga Derbi Merseyside terakhir, Liverpool tercatat tidak pernah menelan kekalahan sekali pun dari rival sekotanya itu. Bukan hanya rekor tersebut yang ingin dijaga the Reds saat  melawat ke markas Everton, Stadion Goodison Park, pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris, Ahad (3/3) malam ini WIB.

Namun, melakoni laga derbi tidak selalu mudah bagi the Reds. Penggawa the Toffees tentu akan mempersiapkan diri menghadapi laga tersebut, selayaknya menghadapi final Piala Dunia. Hal itulah yang disadari sepenuhnya oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu menyebut, dalam laga tersebut, timnya harus bisa tampil maksimal alias 100 persen jika tidak ingin menelan kekalahan.

"Bagi mereka (Everton), seperti yang kita tahu, mereka akan melihat laga ini seperti final Piala Dunia. Pengalaman mengajarkan kami bahwa kami harus bisa tampil 100 persen. Jika kurang dari itu, kami harus bersiap menelan kekalahan. Kami harus bisa menang pada setiap duel-duel kecil selama pertandingan," tutur Klopp, seperti dikutip Liverpool Echo, Sabtu (2/3).

"Laga derbi seperti ini bisa menentukan nasib Anda di kompetisi. Terkadang, laga ini ditentukan oleh seberapa besar sebuah tim menginginkan kemenangan, dan kami berada di posisi tersebut. Tentu saja, kami begitu menginginkan kemenangan pada laga nanti. Saya harap, kami bisa menunjukannya di lapangan," kata bek tengah Liverpool, Virgil Van Dijk.

Kendati begitu, antusiasme tidak hanya menghinggapi Liverpool. Kemenangan menyakinkan dengan skor 3-0 atas Cardiff City dalam laga terakhir di kancah Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, menyuntikkan semangat baru untuk penggawa the Toffees menjelang laga kontra Liverpool.

Hasil itu menjadi kemenangan perdana Everton setelah menelan kekalahan beruntun dalam tiga laga sebelumnya.Pelatih Everton, Marco Silva, pun berharap kemenangan atas Cardiff City itu menjadi titik balik perjalanan timnya pada sisa Liga Primer Inggris musim ini. Khusus untuk laga menghadapi Liverpool, Silva menegaskan, dari kualitas permainan, level timnya sebenarnya tidak terlalu jauh dari the Reds.

Hal itu merujuk pada pertemuan perdana musim ini saat Liverpool hanya mampu menang lewat gol ''keberuntungan'' Divock Origi pada masa-masa injury time.Tidak hanya itu, Silva juga membalas pernyataan Klopp soal makna Derbi Merseyside untuk mereka. "Saya tidak melihat ada perbedaan besar antara kedua tim dari segi level permainan. Pada pertemuan terakhir, mereka hanya menang lewat gol keberuntungan dan merayakannya seperti menang dalam final Piala Dunia. Jadi, sama seperti kami, mereka akan melihat laga ini sebagai pertandingan spesial seperti final Piala Dunia," ujar pelatih asal Portugal itu, seperti dikutip Liverpool Echo, Sabtu (2/3).


Prediksi Susunan Pemain
Everton (4-2-3-1)
Pelatih: Marco Silva
Kiper: Pickford
Belakang: Digne, Jagielka, Keane, Coleman
Tengah: Gueye, Schneiderlin; Richarlison, Sigurdsson, Walcott
Depan: Calvert-Lewin

Liverpool (4-3-3)
Pelatih: Jurgen Klopp
Kiper: Alisson
Belakang: Robertson, Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold
Tengah: Wijnaldum, Henderson, Fabinho
Depan: Mane, Firmino, Salah*untuk box*Data dan Fakta:

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA