Ahad 03 Mar 2019 01:29 WIB

Pendaftaran UTBK 2019 Ditutup Sementara

Penutupan ini tak akan rugikan peserta karena waktu pendaftaran UTBK masih panjang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Endro Yuwanto
Calon mahasiswa perguruan tinggi (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Calon mahasiswa perguruan tinggi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan untuk menutup sementara sistem pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2019. Penutupan dilakukan panitia karena sejak dibuka dari tanggal 1 Maret hingga 2 Maret 2019 ternyata sistem masih bermasalah.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto merinci beberapa masalah itu meliputi permasalahan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN). Sistem pembayaran H2H (Host to Hots) ke Bank Mitra LTMPT juga masih mengalami masalah.

“Karena itu pendaftaran UTBK LTMPT sementara ditutup dan akan dibuka lagi pada Senin, 4 Maret 2019 pukul 08.00 WIB,” kata Budi kepada Republika.co.id, Sabtu (2/3).

Sementara itu, bagi peserta yang sudah terlanjur mencetak kartu peserta tetapi belum membayar, Budi mengimbau agar peserta segera melakukan login kembali untuk melakukan pembayaran.

Budi mengklaim, penutupan sementara ini tidak akan merugikan peserta. Karena waktu pendaftaran UTBK Gelombang 1 masih cukup panjang, yaitu sampai dengan 24 Maret 2019. “Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pendaftaran UTBK ini,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement