Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Kolaborasi Istimewa Bob James di Java Jazz Festival 2019

Sabtu 02 Mar 2019 12:25 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani

Kolaborasi Istimewa Bob James di Java Jazz Festival 2019

Kolaborasi Istimewa Bob James di Java Jazz Festival 2019

Foto: Shelbi Asrianti / Republika
James juga berbagi panggung dengan konduktor Addie MS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi jaz legendaris Amerika Serikat, Bob James, tampil untuk kesekian kalinya pada gelaran Java Jazz Festival. Tahun ini, James juga berbagi panggung dengan konduktor Addie MS, Twilite Orchestra, serta penyanyi sopran Lea Simanjuntak.

Pada kesempatan tersebut, James tidak tampil secara penuh. Sesinya menjadi penampil utama dengan Bob James Trio ada di hari yang sama tapi di panggung berbeda. Sementara di panggung itu, dia berkolaborasi sebanyak dua lagu.

James hadir setelah pembawa acara menyilakan dia naik panggung. Pria 79 tahun itu mengenakan kemeja biru gelap dengan motif batik, seperti wujud penghormatan terhadap Indonesia. Melambai kepada hadirin, dia duduk penuh penghayatan di hadapan piano.

Bersama Addie dan Twilite Orchestra, dia membawakan "Someone to Watch Over Me", sementara Lea menyanyikan lirik lagu. Aksinya berlanjut dengan lagu instrumental tanpa vokal berjudul "They Can't Take That Away From Me".

photo
Kolaborasi Istimewa Bob James di Java Jazz Festival 2019 (Shelbi Asrianti / Republika)


Meski tampil singkat, pesona James amat memukau. Musisi jaz pemenang Grammy itu membuat lagu semakin terdengar megah berkat permainan pianonya. Musisi lain di panggung pun mengimbangi menghadirkan alunan musik jaz kelas dunia.

"Sebuah kehormatan besar bisa bermain musik dengan orkestra yang sangat hebat," kata James setelah penampilan usai. Dia juga memeluk hangat Lea dan memujinya.

Penampilan Bob James bersama para musisi Indonesia merupakan salah satu pentas yang menenangkan. Penonton tidak ikut bernyanyi heboh seperti panggung lain, tetapi merasa relaks dan duduk nyaman di kursi sambil menyimak alunan musik.

Apalagi, Lea dalam balutan gaun panjangnya bernyanyi dengan penuh penjiwaan. Beberapa tembang yang dia lantunkan termasuk "By Strauss", "Boy What Love Has Done to Me", serta penghormatan untuk penyanyi Barbra Streisand, "I Loves You Porgy".

Addie pun mengapresiasi suara indah Lea serta cara bernyanyi yang penuh ekspresi dan penghayatan. Sambil menghibur penonton, Addie mengaku merasa terhibur. Dia atas panggung, Addie juga menyampaikan terima kasih kepada Peter Gontha, penggagas perhelatan musik Java Jazz.

"Beliau yang mempertemukan kami, mendatangkan begitu banyak musisi dari luar negeri. Tidak murah dan tidak mudah. Kalau bukan karena idealisme beliau, sangat tidak mungkin," ungkap suami dari penyanyi Memes itu.

Selama tiga hari (1/3-3/3), Java Jazz Festival 2019 menghadirkan 100 musisi dari dalam dan luar negeri pada 11 panggung berbeda. Penonton bisa memilih sesuai preferensi masing-masing, selain tiga pertunjukan spesial yang menjadi daya tarik utama.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA