Jumat 01 Mar 2019 22:30 WIB

Penjualan Xpander Terus Meningkat, Ini Analisis Mitsubishi

Xpander telah menjadi model yang memberikan kontribusi signifikan terhadap Mitsubishi

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bayu Hermawan
Mitsubishi Xpander ketika dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, 2018
Foto: dok hiru muhammad
Mitsubishi Xpander ketika dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Xpander terbukti telah menjadi model yang memberikan kontribusi signifikan terhadap Mitsubishi. Pada Januari 2019 saja, Xpander telah menyumbangkan lebih dari 48 persen dari total angka penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan perusahaan.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatat, penjualan Xpander terus meningkat. Untuk Januari tahun ini, misalnya, Xpander secara whole sales terjual sebanyak 5.708 unit dengan pangsa pasar 35,7 persen pada periode Januari 2019. Angka penjualan tersebut naik 48 persen dibanding capaian Desember 2018. Hal ini sekaligus menjadikan Xpander sebagai pemimpin pasar segmen small MPV di kelas 1.500 cc di Indonesia pada periode Januari 2019.

Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro menjelaskan, prestasi ini tak lepas dari konsep berbeda yang diusung Xpander. "Xpander menawarkan fitur dan keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan sebuah mobil keluarga, kendaraan yang nyaman dan tangguh, serta cukup ruang untuk tujuh penumpang dan barang bawaan," ujar dia beberapa waktu lalu.  

Dia menjelaskan beberapa nilai jual Xpander yang ditawarkan. Yaitu antara lain kabin yang luas, kenyamanan kemudian dan kabin yang senyap, serta performa mesin dan fitur-fitur lainnya. "Tahun lalu, 2018, kita mendapatkan car of the year, jadi memang sudah cukup baik diterima," papar dia.

 

Dengan nilai jual itu, Irwan menjelaskan, Xpander telah mengambil posisi untuk bersaing di posisi atas untuk pasar small MPV di Tanah Air. Dia pun yakin Xpander akan mampu bersaing di segmen yang persaingannya terus meningkat ini.

"Xpander mengubah peta persaingan dan kita cukup mampu bersaing di posisi atas. Jadi semua itu poinnya adalah, 'Oke persaingan semakin ketat. Mitsubishi dan Xpander siap bersaing di pasar yang semakin ketat dan juga pasar yang akan membesar'," tambah dia.

MPV, lanjut Irwan, memang menjadi segmen yang paling diminati masyarakat Indonesia saat ini. Kendaraan segmen ini mendapatkan minat yang paling tinggi mengingat MPV memiliki karakter multifungsi. Yaitu, dapat berfungsi sebagai mobil keluarga, menyimpan barang bawaan, dan bahkan dapat dijadikan kendaraan operasional untuk pasar fleet. "Xpander didesain untuk melampaui batas sebuah MPV tradisional," papar Irwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement