Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Buku Legendaris Laku 67 Juta Eksemplar itu Sabet Penghargaan

Kamis 28 Feb 2019 07:11 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Islamic Book Fair 2019. Pengunjung memilih buku pada hari pertama Islamic Book Fair ke-18 di Balai Sidang Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Islamic Book Fair 2019. Pengunjung memilih buku pada hari pertama Islamic Book Fair ke-18 di Balai Sidang Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Foto: Republika/ Wihdan
Buku Risalah Tuntunan shalat terbit sejak 1976.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Buku legendaris berjudul Risalah Tuntunan Sholat Lengkap karya Drs Moh Rifa'i yang diterbitkan Karya Toha Putra Semarang mendapat penghargaan kategori Lifetime Achievement dari Islamic Book Award di ajang Islamic Book Fair (IBF) 2019. Buku tersebut pertama kali diterbitkan pada 10 November 1976, hingga saat ini sudah terjual lebih dari 60 juta eksemplar.

Baca Juga

Wakil Ketua Panitia IBF 2019, Syahruddin El Fikri, mengatakan penghargaan kategori Lifetime Achievement diterima Drs Haji Ali Sjahri, putra almarhum Drs Moh Rifa'i.  Panitia IBF melihat buku yang ditulis almarhum sangat luar biasa dan melegenda hingga sekarang.

"Sebelum panitia memutuskan pemenang penghargan Lifetime Achievement, panitia sudah mendapat masukan, termasuk melakukan riset di internal pengurus dan penerbit," kata Syahruddin kepada Republika.co.id, Rabu (27/2). 

Ia menerangkan, berdasarkan hasil riset dan diskusi, buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap sangat luar biasa. Bahkan berdasarkan data terakhir dari penerbit buku tersebut, buku itu sudah dicetak sebanyak lebih dari 60 juta eksemplar.  

Berdasarkan data penjualan buku dari Januari-Februari 2019, diketahui buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap sudah terjual sebanyak 500 ribu eksemplar. Melihat dari data itu saja sudah sangat fenomenal bukunya.

"Kita belum menemukan buku yang luar biasa penjualannya, novel-novel yang ditulis oleh penulis terkenal belum mampu dalam sebulan penjualannya sampai sebanyak itu," ujarnya. 

Syahruddin menyampaikan, buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap mungkin sudah ribuan kali dicetak ulang. Kover bukunya pun tidak berubah semenjak pertama kali terbit. Banyak buku sejenis yang modelnya mirip buku legendaris tersebut, tapi tetap tidak bisa menggeser buku karya Drs Moh Rifa'i.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA