Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Timnas U-22 Siap Koyak Thailand di Final Piala AFF

Selasa 26 Feb 2019 11:12 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Elba Damhuri

Persiapan Timnas U-22: Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (tengah) memberi arahan kepada pemain dalam latihan menjelang pertandingan babak Final Sepak Bola AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Senin (25/2/2019).

Persiapan Timnas U-22: Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (keempat kanan) memberi arahan kepada pemain dalam latihan menjelang pertandingan babak Final Sepak Bola AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Senin (25/2/2019).

Foto:
Timnas U-22 optimistis mengalahkan Thailand di final Piala AFF 2019.

Biasanya, untuk mengantisipasi pola demikian, tim yang sedang bertahan harus bisa melakukan kawalan ke setiap sisi lapangan demi menutup jalur umpan silang lambung dan memaksa pemain lawan melakukan umpan-umpan pendek.

Sementara itu, Rafi mengaku, mulai derasnya dukungan kepada timnas U-22 ketika ia dan rekan-rekannya berhasil mencapai partai final disikapinya bukan menjadi beban. "Malah jadi motivasi. Semakin suporter mendukung membuat kita semakin semangat untuk meraih juara," kata pemain kelahiran 15 November 2000 itu.

Rafi memastikan berada dalam kondisi 100 persen. Kendati di laga semifinal menghadapi Vietnam ia sempat mengalami masalah dengan lehernya ketika terjadi perebutan bola dengan lawan, ia mengaku siap jika dipercaya pelatih untuk turun di partai pamungkas.

Pemain siap tempur
Indra Sjafri memastikan semua pemain siap tempur melawan Thailand, termasuk striker Marinus Wanewar. Marinus sempat dikhawatirkan tak bisa tampil karena terlihat mendapatkan penanganan dari tim fisioterapis di sela-sela latihan, kemarin pagi.

Indra menegaskan, kondisi Marinus tak ada yang perlu dikhawatirkan. "Tidak ada masalah," kata Indra ketika ditanya soal kondisi Wanewar selepas sesi latihan.

Selama sesi latihan, Marinus terlihat bergabung dengan kelompok pemain yang tampil satu babak atau lebih di laga semifinal melawan Vietnam sehari sebelumnya. Sebagaimana dalam sesi-sesi latihan sebelumnya, kelompok tersebut hanya menjalani porsi latihan ringan untuk menjaga kebugaran.

Namun, setelah hampir 40 menit berlatih, Marinus menepi dan menjalani sesi terpisah bersama tim fisioterapis dengan perban elastis melekat di lutut kirinya.

Marinus sejauh ini merupakan pencetak gol terbanyak Indonesia sekaligus top skor turnamen dengan catatan tiga gol. Sedangkan rekan-rekan Marinus lainnya juga dipastikan Indra berada dalam kondisi bugar. "Semua pemain siap kecuali Andy," kata Indra merujuk pada bek tengah sekaligus kapten Timnas U-22, Andy Setyo Nugroho.

Andy yang sebelumnya diperkirakan bakal absen hingga akhir turnamen dalam sesi latihan sudah ikut bergabung bersama rekan-rekannya selama 30 menit. Meski kemudian, ia juga menepi untuk mendapatkan penanganan dari tim fisioterapis.

"Dia masih 80 persen saya tidak mau ambil risiko karena ada event yang lebih tinggi juga, yakni (kualifikasi) AFC," ujar Indra.

(antara ed: satria kartika yudha)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA