Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

AS dan Oposisi Venezuela Bahas Cara Baru Gulingkan Maduro

Senin 25 Feb 2019 15:23 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Teguh Firmansyah

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

Foto: REUTERS/Joshua Roberts
Wapres AS Mike Pence bertolak kek Kolombia untuk bertemu sekutunya.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Amerika Serikat berencana menyusun cara baru untuk menekan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro agar menyerahkan kekuasaan. Selain itu, mereka juga mencari cara lain untuk memberikan bantuan kepada warga Venezuela, setelah upaya terakhir digagalkan militer.

Baca Juga

Wakil Presiden AS, Mike Pence melakukan perjalanan Senin ke ibu kota Kolombia, untuk bertemu dengan anggota koalisi regional, dan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. Mereka akan membahas langkah-langkah selanjutnya yang bertujuan menggulingkan Maduro.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan, Pence diperkirakan akan mengumumkan tindakanya nyata saat berbicara kepada negara-negara anggota Lima Group. 

"Kami akan menunjukkan kepada dunia dan Maduro bahwa Amerika Serikat mendukung rakyat Venezuela dan bahwa Amerika Serikat mendukung Guaido," kata pejabat itu kepada wartawan.

"Dan kita akan terus berdiri bersamanya sampai demokrasi dipulihkan dan bantuan kemanusiaan mencapai ke mana ia harus pergi," lanjut perjabat itu.

Penampilan Pence di depan Lima Group digelar dua hari setelah upaya yang didukung AS untuk mengirim kemanusiaan melintasi perbatasan dari Kolombia berakhir dengan kekerasan.

Pasukan yang setia kepada Maduro menembakkan gas air mata, dan menembak para aktivis yang menyertai pasokan dan membakar bahan-bahan itu.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA