Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

UGM Terbaik Versi 4ICU

Kamis 14 Feb 2019 16:33 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

UGM

UGM

Foto: ugm.ac.id
UGM juga menempati peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia versi webometric.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih peringkat pertama pemeringkatan web perguruan tinggi Indonesia versi 4 International Colleges and Universities (4ICU). Ini melengkapi gelar serupa dari webometric yang didapat pekan lalu.

Raihan 4ICU turut menempatkan UGM di tingkat 343 dunia. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan algoritma lima web metrics berbeda empat mesin pencari independen.

Ada Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similar Web Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow. Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM, Widyawan, mengapresiasi pemeringkatan itu.

Ia menilai, peringat itu menunjukkan popularitas UGM dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke situs UGM. Selain itu, jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

"Daily page view ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya, sedangkan daily visitor-nya 360 ribu per hari," kata Widyawan, Kamis (14/2).

Popularitas situs UGM ditegaskan tidak semata karena dikembangkan dengan tampilan menarik dan navigasi yang memudahkan. Tapi, didukung konten dan informasi yang disebut berkualitas, relevan, dan bermanfaat.

Terlebih, ada infrastruktur yang memadai dan membuat respons di website UGM bisa berjalan cepat. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu. 

Pada 2013, kapasitas bandwith yang disediakan hanya 250 mega byte dan terus ditambah hingga saat ini menjadi 6 giga byte. Ia bersyukur ada infrastruktur teknologi informasi yang baik dan bandwith besar.

"Ke depan, kita akan terus memperbanyak infrastruktur TI, bandwith, dan memperbaiki data center supaya akses masyarakat ke website UGM semakin mudah," ujar Widyawan.

Penyempurnaan konten juga akan terus dilakukan dengan membuat tampilan web menjadi semakin menarik. Selain itu, akan diperkaya konten berbahasa Inggris, dan melakukan standarisasi web internal UGM dari sisi konten dan navigasi.

4ICU sendiri merupakan situs direktori pendidikan tinggi internasional yang memberikan ulasan dan peringkat popularitas perguruan tinggi dunia berdasarkan keterkenalan website yang dimiliki. 

Sebelumnya, UGM juga menempati peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia versi webometric 2019. Ini membuat UGM mengungguli setiap perguruan-perguruan tinggi lain di Indonesia.

UGM sendiri berada di atas Universitas Indonesia di posisi kedua, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi ketiga. Selain itu, UGM ada di posisi 157 di Asia Tenggara dan posisi 844 dunia.

Kepala Bidang Humas UGM, Iva Ariani mengatakan, hasil pemeringkatan ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan tiap elemen UGM. Itu menunjukkan capaian UGM mendiseminasikan ilmu pengetahuan, informasi dan karya-karya sivitas akademika.

"Capaian ini sekaligus menjadi tantangan bagi UGM untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi menjadi lebih lagi agar website UGM bisa menjadi jendela informasi bagi masyarakat," kata Iva, Rabu (6/2).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA