Kamis 14 Feb 2019 06:19 WIB

Kecerdasan Spiritual dan Jalan Umrah

Manusia adalah makhluk yang mulia yang menjadi pemimpin (khalifah) di dunia.

Denny JA
Foto:

Sementara jiwa (roh) adalah sumber dari kecerdasan spiritual, membuat kita selalu yakin akan adanya kekuatan Allah yang Maha Kuasa yang menentukan hidup kita. Manusia dianugerahi ketiga modal tersebut (otak, hati dan roh). Tidak ada makhluk hidup lain yang diberikan ketiganya.

Itu sebabnya manusia adalah makhluk yang mulia yang menjadi pemimpin (khalifah) di dunia. Dengan modal itu, kita bisa memaksimalkan pencapaian.

Dari ketiga kecerdasan yang diberikan  (intelektual, emosional dan spiritual), kecerdasan spiritual bentuk kecerdasan yang paling sering diabaikan. Bahkan kerapkali kecerdasan spiritual ini dianggap tidak penting.

Orang hanya mengejar kecerdasan intelektual atau emosional. Padahal, tanpa kecerdasan spiritual, kita tidak akan mendapatkan kebahagiaan yang sejati.

Kita sering melihat banyak orang yang pintar, berlimpah harta kekayaan, jabatan dan karir yang bagus. Tapi hidup mereka hampa merangas, tanpa bahagia. Banyak orang yang lahiriah nampak begitu sukses. Namun dalam batinnya, mereka menyimpan rasa hidup yang kering, tanpa makna.

Hal ini memperlihatkan pentingnya kecerdasan spiritual. Umrah menjadi perjalanan yang dapat dimaksimalkan untuk memperkuat dan meningkatan kecerdasan spiritual.

Total terdapat 18 bab dalam buku ini. Tiap bab ditulis dengan pendek agar pembaca dapat menangkap pesan secara cepat dalam masing-masing bab.  Dari 18 bab, buku ini dibagi ke dalam tiga bagian.

Bagian pertama (Bab 1-6) mengenai kecerdasan spiritual. Di bagian ini akan dijelaskan bagaimana konsep kebahagiaan dan kecerdasan dalam literatur akademik.

Bab ini akan fokus pada kecerdasan spiritual, kecerdasan yang sangat penting agar manusia bisa hidup bahagia.

Bagian kedua (Bab 7-16) akan berbicara mengenai hikmah spiritual dari perjalanan umrah. Umrah bukan hanya berkunjung ke Mekkah dan melakukan berbagai ibadah. Umrah adalah perjalanan istimewa, karena kita berkunjung ke rumah diri.

Bab ini akan membahas mengenai makna dan hikmah di balik rukun umrah dan tempat-tempat yang dikunjungi selama umrah.

Bagian ketiga (Bab 17-18) akan membahas mengenai bagaimana umrah bisa kita gunakan sebagai medium  untuk memaksimalkan kecerdasan spiritual.

(Pendahuluan Buku: Kecerdasan Spiritual untuk Umrah, oleh Denny JA dan Tim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement