Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

SBM-ITB Kembali Raih The Best Business School di Indonesia

Jumat 08 Feb 2019 21:09 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

 Wakil Dekan Bidang Akademik SBM Utomo Sarjono Putro  menerima penghargaan untuk SBM ITB (25/1) lalu di Macau, Cina.

Wakil Dekan Bidang Akademik SBM Utomo Sarjono Putro menerima penghargaan untuk SBM ITB (25/1) lalu di Macau, Cina.

Foto: ist
ITB sebagai satu-satunya universitas di Indonesia dalam top 500 ranking dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) untuk kedua kalinya meraih penghargaan dari Global Brand Magazine (GBM) dari United Kingdom sebagai The Best Business School in Indonesia pada tahun 2018. Wakil Dekan Bidang Akademik SBM Utomo Sarjono Putro  menerima penghargaan ini secara langsung (25/1) lalu di Macau, Cina.

Menurut Utomo, penghargaan ini berkorelasi dengan ranking QS untuk subyek Busines and Management studies tahun 2018, yang menempatkan ITB pada top 201-250, dimana ranking ini adalah yang terbaik di Indonesia. Selain itu, untuk ranking Times Higher Education (THE) 2019 World University Rankings untuk subyek Business and economic, menempatkan ITB sebagai satu-satunya universitas di Indonesia dalam top 500 ranking dunia.

Dia mengatakan anugerah bergengsi ini juga tak terlepas dari kurikulum atau sistem pendidikan yang diterapkan SBM untuk mahasiswanya. Kurikulum mahasiswa S1 program studi manajemen, terdapat mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa melaksanakan bisnis tidak hanya secara teoritis, tapi juga secara praktis, yaitu mata kuliah Integrative Business Experience (IBE).

Para mahasiswa akan diwajibkan praktik bisnis selama dua semester untuk mendapatkan pengalaman berbisnis. IBE sebagai tulang punggung kurikulum, sehingga mahasiswa mempunyai kasus nyata dalam binis.

 "Karena bisnis jika hanya teorinya saja tanpa praktik, jadinya kurang kena," ujar Utomo.

Majalah Global Brand Magazine selain memberikan penghargaan best business school di Indonesia, juga memberikan penghargaan di negara-negara lainnya, misalnya untuk United States of Amerika, pemenangnya adalah Stanford Graduate School of Business, dan London Business School untuk di Inggris.

Langkah selanjutnya yang ditempuh oleh SBM ITB demi mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi ini ialah melalui akreditasi internasional.   "Kami sangat mendorong SBM untuk mendapatkan akreditasi internasional. Semua program studi kami sudah mendapatkan akreditasi dari ABEST21, pusatnya di Jepang. Kami juga sekarang dalam proses mendapatkan akreditasi dari AACSB yang pusatnya di Amerika" ucap Utomo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA