Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Senat UNS Tetapkan Tiga Calon Rektor

Rabu 06 Feb 2019 16:00 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Foto: Republika/Binti sholikah
Jamal Wiwoho, Sutarno, dan Widodo Muktiyo menjadi calon rektor UNS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Senat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menetapkan tiga nama sebagai calon rektor dalam tahap Penyaringan Calon Rektor UNS periode 2019-2023. Tiga guru besar yang ditetapkan sebagai calon rektor UNS tersebut yakni, Jamal Wiwoho, Sutarno, dan Widodo Muktiyo.

Tiga nama tersebut terjaring setelah melakukan pemaparan visi, misi dan program kerja dalam sidang senat terbuka di Auditorium UNS, dilanjutkan sidang senat tertutup di gedung Kantor Pusat UNS, Solo, Rabu (6/2).

Ketua Senat UNS, Suntoro, mengatakan, sidang senat terbuka dengan agenda pemaparan visi, misi, dan program kerja dari lima bakal calon rektor dari hasil penjaringan berdasakan urutan abjad yakni, Jamal Wiwoho, Mohammad Furqon Hidayatullah, Muhammad Nizam, Sutarno, dan Widodo Muktiyo.

Acara dihadiri sekitar 500 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan universitas, utusan Menristekdikti, anggota senat UNS, para bakal calon rektor, dekan dan wakil dekan, ketua jurusan dan ketua prodi, perwakilan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni.

Pada pukul 13.00 WIB acara dilanjutkan sidang senat tertutup untuk menyaring lima bakal calon menjadi tiga calon rektor. Sidang senat tertutup dihadiri 132 anggota senat UNS yang terdiri dari para guru besar dan anggota senat universitas perwakilan fakultas di lingkungan UNS, pejabat dari Kemenristekdikti dan para bakal calon rektor UNS.

"Hasil dari pemungutan suara diperoleh tiga calon rektor yakni Jamal Wiwoho sebanyak 69 suara, Sutarno 40 suara, dan Widodo Muktiyo 12 suara," ujar dia, kepada wartawan seusai sidang senat tertutup.

Selanjutnya, tiga nama tersebut akan mengikuti tahapan terakhir yakni tahapan pemilihan yang dijadwalkan pada 13-30 Maret 2019. "Dimana pada tahapan pemilihan nanti ada suara Menteri untuk memberikan 35 persen suara," ungkapnya.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan, perolehan suara dari sidang senat tertutup terdiri dari 69 suara untuk Jamal Wiwoho, 40 suara untuk Surtarno, 12 suara untuk Widodo Muktiyo, enam suara untuk Mohammad Furqon, dan lima suara untuk Muhammad Nizam.

"Ketentuan hanya tiga yang dipilih maka kami akan usulkan tiga calon ini kepada Menteri. Bahan ini akan disampaikan kepada Menteri melalui Staf Ahli bidang Akademik Kemenristek Dikti dalam bentuk berita acara," kata Ravik.

Rencana pemilihan rektor UNS nantinya akan menyesuaikan waktu dari Menteri Ristek Dikti. Kemenristek Dikti akan melakukan pemeriksaan dokumen administrasi dari tiga nama tersebut. Jika nantinya semua sudah memenuhi syarat, maka Menteri akan menetapkan hari. Menurutnya, posisi tiga calon rektor tersebut sama karena nanti masih akan ada pertimbangan dari Menteri pada tahapan terakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA